Sejumlah PNS di lingkungan Pemkab Bojonegoro, Jawa Timur,
menghitung gaji ke-13 yang mulai disalurkan menjelang Tahun
Ajaran Baru 2011 ini.
Tunjangan pejabat Provinsi DKI Jakarta dan Banten merupakan yang tertinggi di antara pejabat daerah lainnya. Tunjangan bagi pejabat eselon satu di kedua provinsi tersebut mencapai Rp 50 juta per bulan. Angka ini bahkan lebih tinggi dari pejabat selevel di pemerintah pusat.
Berdasarkan data tunjangan daerah/tambahan penghasilan pegawai negeri sipil daerah (PNSD) provinsi seluruh Indonesia tahun 2009/2010 dari Kemendagri, PNSD DKI eselon dua mendapatkan tunjangan Rp 28 juta per bulan, eselon tiga Rp 10.550.000 per bulan, eselon empat Rp 6.560.000, dan PNSD level staf Rp 5.850.000 per bulan.
Sementara di Provinsi Banten, PNSD eselon dua mendapatkan tunjangan Rp 11.489.362 per bulan, eselon tiga Rp 4.213.953, eselon empat Rp 2.617.450, dan PNSD level staf Rp 950.000 per bulan.
Tunjangan terendah dirasakan oleh PNSD Bengkulu. Di provinsi ini, PNSD mulai dari eselon satu hingga staf hanya mendapatkan tunjangan Rp 220.000 per bulan.
Sejumlah PNS sedang berjalan, ilustrasi
Ini Dia Daftar Tunjangan Pejabat Daerah Seluruh Indonesia
Pengamat politik Universitas Indonesia, Iberamsjah, menyatakan tunjangan pejabat daerah terlalu berlebihan. Pejabat terlalu dimanja dengan tunjangan-tunjangan melimpah. Dia menilai hal tersebut menandakan Pemerintah tidak memiliki strategi pemanfaatan anggaran. “Hanya sedikit anggaran belanja yang dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur,” jelasnya kepada Republika, Kamis (7/7).Dia menilai semenjak era reformasi, pembangunan tidak direncanakan secara maksimal. Tunjangan pejabat tidak diatur dengan baik sehingga terjadi pembengkakan dan cenderung berlebihan. Dulu ketika orde baru, ada perencanaan pembangunan yang termaktub dalam Garis Besar Haluan Negara (GBHN). Belum lagi rencana pembangunan per-pelita. “Semuanya terencana dengan baik, tidak seperti sekarang,” paparnya.
Iberamsjah menjelaskan hal ini mengakibatkan ruas jalan yang rusak belum dapat diperbaiki. Di luar negeri, jelasnya, penambahan jalan mencapai 10 ribu kilometer persegi. Sementara Indonesia diprediksikan hanya membangun 500 kilometer persegi.
Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) beberapa waktu lalu merilis temuan 124 dari 526 kabupaten/kota se-Indonesia yang terancam bangkrut karena anggaran belanja pegawainya di atas 60 persen dari APBD, sementara belanja modalnya hanya 1 hingga 15 persen.
Berikut daftar jumlah tunjangan pejabat daerah di seluruh Indonesia tahun 2009/2010 dari Kemendagri:
PROVINSI | ESS I | ESS II | ESS III | ESS IV | STAF | |
NAD | 17,500,000 | 12,500,000 | 7,500,000 | 4,500,000 | 4,000,000 | |
Sumatera Utara | 25,000,000 | 6,000,000 | 2,500,000 | 1,500,000 | 1,000,000 | |
Sumatera Barat | 5,600,000 | 4,880,000 | 2,290,000 | 1,178,200 | 750,000 | |
Riau | 9,400,000 | 6,900,000 | 5,700,000 | 5,400,000 | 4,400,000 | |
Kepulauan Riau | 22,000,000 | 16,000,000 | 10,500,000 | 7,000,000 | 2,500,000 | |
Jambi | 3,000,000 | 2,500,000 | 2,000,000 | 1,800,000 | 1,120,000 | |
Bengkulu | 220,000 | 220,000 | 220,000 | 220,000 | 220,000 | |
Sumatera Selatan | 500,000 | 500,000 | 500,000 | 500,000 | 500,000 | |
Bangka Belitung | 5,000,000 | 3,000,000 | 2,000,000 | 1,750,000 | 1,250,000 | |
Lampung | 5,000,000 | 3,500,000 | 2,000,000 | 1,500,000 | 1,000,000 | |
DKI Jakarta | 50,000,000 | 28,000,000 | 10,550,000 | 6,560,000 | 5,850,000 | |
Jawa Barat | 40,000,000 | 30,000,000 | 11,000,000 | 7,000,000 | 5,000,000 | |
Banten | 50,000,000 | 11,489,362 | 4,213,953 | 2,617,450 | 950,000 | |
Jawa Tengah | 6,470,000 | 3,970,000 | 1,575,000 | 1,125,000 | 825,000 | |
DIY | 600,000 | 600,000 | 600,000 | 600,000 | 600,000 | |
Jawa Timur | 13,800,000 | 10,272,000 | 9,565,200 | 6,158,000 | 4,800,000 | |
Kalimantan Barat | 1,150,000 | 856,000 | 797,100 | 738,250 | 600,000 | |
Kalimantan Tengah | 3,250,000 | 2,000,000 | 1,500,000 | 1,000,000 | 500,000 | |
Kalimantan Selatan | 12,000,000 | 8,500,000 | 5,000,000 | 3,500,000 | 1,400,000 | |
Kalimantan Timur | 30,000,000 | 10,000,000 | 3,600,000 | 3,325,000 | 2,350,000 | |
Sulawesi Utara | 17,750,000 | 12,750,000 | 3,250,000 | 1,750,000 | 1,250,000 | |
Gorontalo | 15,000,000 | 7,000,000 | 3,000,000 | 1,750,000 | 1,100,000 | |
Sulawesi Tengah | 20,000,000 | 15,000,000 | 1,700,000 | 1,500,000 | 750,000 | |
Sulawesi Selatan | 500,000 | 500,000 | 500,000 | 500,000 | 500,000 | |
Bali | 14,000,000 | 12,000,000 | 3,000,000 | 2,000,000 | 1,150,000 | |
Nusa Tenggara Barat | 15,000,000 | 4,275,000 | 1,750,000 | 1,100,000 | 582,686 | |
Nusa Tenggara Timur | 1,020,000 | 1,020,000 | 1,020,000 | 1,020,000 | 1,020,000 | |
Maluku | 895,000 | 895,000 | 895,000 | 895,000 | 895,000 | |
Maluku Utara | 15,000,000 | 7,500,000 | 0 | 0 | 0 | |
Papua | 10,000,000 | 7,500,000 | 5,000,000 | 3,500,000 | 2,000,000 | |
Papua Barat | 9,000,000 | 7,000,000 | 4,000,000 | 3,000,000 | 2,000,000 |
Dari seluruh provinsi di Indonesia, masih terdapat dua daerah yang sampai saat ini belum memberikan tambahan penghasilan kepada PNSD (pegawai negeri sipil daerah), yakni Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat.
Istana: Besarnya Tunjangan Pejabat Daerah Bentuk Korupsi Gaya Baru
Besarnya tunjangan pejabat di sejumlah daerah bisa masuk dalam modus korupsi gaya baru jika besarannya tidak wajar. Apalagi jumlah tunjangan itu tidak memperhitungkan kemampuan anggaran daerah.Demikian dikatakan Staff Khusus Presiden Bidang Hukum Denny Indrayana, di Kompleks Istana Negara, Jumat (8/7). "Kalau itu berlebihan dan penetapannya tidak sesuai dengan aturan dan melebihi kewajaran memperkaya dirinya sendiri maka itu bisa masuk dalam korupsi," ujarnya.
Menurut Denny penentuan besaran tunjangan pegawai atau pejabat daerah harus berdasarkan penalaran logik. Dengan memperhitungan kemampuan di daerah. Tidak hanya berdasarkan keinginan dari pejabat tertentu. Sehingga memperlihatkan rasa keadilan di masyarakat
Harus diakui dengan bergesernya kewenangan dari pusat ke daerah, tindak pidana korupsi juga mengalami pergeseran. Korupsi di tingkat lokal, lanjut Denny, perlu diwaspadai dan diantisipasi.
Ada yang beralasan pemberian tunjangan besar akan mengurangi korupsi di pemerintahan. Padahal tidak selalu demikian, karena bukan sekadar persoalan tunjangan tetapi bagaimana membangun suatu sistem anti korupsi tersebut. "Tunjangan tidak akan menyelesaikan masalah, tapi bagaimana membangun suatu sistem," jelasnya.
Sabtu, 8 Sya'ban 1432 / 09 Juli 2011
Sumber: www.republika.co.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar