Rabu, 07 September 2011

Saipul Jamil Lalai, Layak Dihukum! Pejabat Lalai, Harap Maklum?


13153597741732071246
Soal keadilan? Tutup mata ah!


Menurut berita yang beredar, Saipul Jamil telah ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi pasca kecelakaan di tol Cipularang yang menewaskan istrinya, Virginia Anggraeni dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara. Demi sebuah keadilankah?

Saipul Jamil ditetapkan sebagai tersangka pada kecelakaan tunggal itu, karena dinilai lalai saat mengemudikan kendaraan, sehingga menimbulkan kecelakaan.

Salut dengan reaksi dan kerja polisi kita yang begitu cepat dalam menangani kasus ini sesuai dengan prosedur hukum. Bahwa hukum harus ditegakkan. Tidak peduli dengan kesedihan dan airmata Saipul Jamil yang masih berlinang karena kehilangan istrinya.

Dalam kecelakaan yang dialami Saipul, sebenarnya tidak ada yang dirugikan selain dirinya dan keluarganya yang kehilangan. Tapi polisi sudah menetapkan Saipul Jamil sebagai tersangka.

Ya, bisa dipastikan terjadi kelalaian yang dilakukan oleh Saipul Jamil. Namun apakah dengan menetapkan Saipul sebagai tersangka, itu adalah sebuah keadilan?

Kalau kita mau buka mata, ada berapa banyak kelalaian yang dilakukan oleh pejabat kita yang menyebabkan kematian orang lain?

Apakah mereka pernah dijadikan tersangka?

Tidak sedikit kecelakaan yang terjadi akibat jalanan yang berlubang-lubang yang dibiarkan sekian lama. Karena dana pemeliharaan masuk kantong pribadi.
Saat ada rakyat yang kelaparan di sebuah negeri yang kaya raya, adakah pejabat yang dijadikan tersangka karena lalai mengurusi rakyatnya?

Adakah pejabat yang dijadikan tersangka, saat alat transporsi massal yang digunakan mengalami kecelakaan karena lalai dalam perawatan?

Adakah pejabat yang dijadikan tersangka saat ada nasabah Bank Century yang bunuh diri karena kehilangan uangnya akibat kesalahan kebijakan?

Adakah pemimpin di negeri ini yang dijadikan tersangka karena lalai dan membiarkan praktek korupsi terus terjadi?

Pernahkah Kapolri yang dijadikan tersangka karena lalai membiarkan praktek-praktek korupsi jalanan terus terjadi?

Berapa banyak penegak hukum yang lalai menegakkan hukum yang dihukum, selain dimutasikan?
Terlalu banyak pertanyaan soal kelalaian yang dibiarkan oleh penegak hukum negeri ini kalau yang melakukannya ada para pejabat.

Sayang Saipul Jamil gagal jadi pejabat belum lama ini. Kalau saat ini Saipul Jamil sudah jadi pejabat, mungkin akan dimaklumi kelalaiannya oleh penegak hukum!

Katedra Rajawen Jr
www.kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails