Rabu, 07 September 2011

Sejarah Mossad, Dinas Intelejen Israel



Haganah merupakan organisasi rahasia Yahudi pertama yang bertugas untuk membunuh orang-orang penting Palestina pada era 30an. Haganah adalah organisasi para-militer Yahudi di kawasan Palestina. Haganah merupakan cikal bakal dari IDF (Israeli Defense Force) modern. Pada awalnya Haganah didukung oleh pemerintah Inggris yang menguasai Palestina pada waktu itu dengan syarat membantu pasukan sekutu melawan pasukan Nazi-Jerman di bawah pimpinan The Dessert Fox Edwin Von Rommel. Namun setelah Jerman berhasil diusir dari Afrika,Haganah mulai dilupakan.

Secara tidak resmi Pemerintah Inggris menjalin kerja sama dengan Haganah dalam memerangi pemberontak Arab. Sayap kanan Haganah,yang dikenal dengan sebutan Irgun tidak menyukai pengekangan yang dilakukan Inggris. Secara diam-diam Irgun melakukan operasi rahasia melawan Inggris. Inggris akhirnya memberlakukan blokade dengan melarang migrasi warga Yahudi menuju Palestina. Semenjak saat itu Haganah memainkan peran intelejen dengan menyelundupkan warga Yahudi ke palestina. Setelah Israel secara resmi mendeklarasikan kemerdekaannya, Haganah diganti dengan IDF. Pengalaman berperang Haganah kelak akan berguna bagi Israel selain itu diperlukan kekuatan intelejen guna mendukung operas-operasi militer. Akhirnya Mossad pun berdiri…..

Secara resmi Mossad berdiri pada tanggal 13 Desember 1949 menyusul deklarasi Negara Israel yang didukung oleh AS dan Dunia Barat.Mossad dibentuk sebagai “Institusi Pusat Koordinasi” atas rekomendasi Reuven Shiloah, sebagai penasehat menteri luar negeri. Reuven berpendapat bahwa harus ada lembaga pusat yang menaungi dinas-dinas intelejen yang sudah ada.

Dinas intelejen Israel yang pertama bernama “Shai” dan didirikan pada tahun 1942.Shai terlibat dalam banyak pembunuhan sebelum negara Israel berdiri. Setelah negara Israel berdiri, jaringan intelejennya dibagi menjadi 3 yaitu : Mossad, Shin Bet (dinas intelejen dalam negeri), dan Aman (intelejen umum).

Perdana Menteri Israel, David Ben Gurion semenjak awal berkata tujuan berdirinya Mossad adalah untuk negara kita yang sejak awal berdiri telah berada dalam ancaman musuh-musuhnya. Mossad merupakan kunci dari kemenangan Israel atas lawan-lawannya. Berbagai kemenangan Israel di medan pertempuran, bukan merupakan kebetulan semata atau merupakan mitos bahwa bangsa Yahudi merupakan ras yang tidak bisa dikalahkan. Kemenangan Israel disebabkan oleh kecanggihan intelejen mereka sehingga dapat mengetahui segala hal tentang musuh.

Sun Tzu pernah berkata: Jika Anda mengenal musuh dan diri sendir,Anda tidak perlu takut sekali pun menghadapi seratus pertempuran.Jika Anda mengenal diri sendiri tapi tidak mengenal musuh maka untuk setiap kemenangan yang diperoleh Anda juga akan menderita satu kekalahan.Jika Anda tidak mengenal musuh mau pun diri sendiri maka Anda akan kalah dalam setiap peperangan.

Sumber: http://masendamarapi.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails