Jumat, 04 November 2011

Coto Makassar & Es Pisang Ijo

Hari ini saya mencicipi menu khas Makassar, Coto Makassar dan Es pisang ijo, bertempat di jalan indraprasta 1d Semarang, persisi setelah perempatan jl. beringin-imam bonjol-indraprasta. (ada juga di jl. Kusumawardhani 29).


Coto Makassar ini mirip seperti soto. Yang membedakan coto ini dengan soto pada umumnya adalah coto menggunakan air tajin (air cucian beras), kacang, dan tauco. Berisi daging sapi dan jerohan. Di sini bisa pilih mau daging saja atau dengan jerohan. Ditaburi banyak irisan daun bawang dan bawang goreng. Dapat dimakan dengan nasi putih, ketupat, atau burasa. Burasa sama seperti ketupat, bedanya kalau ketupat dibungkus janur, burasa dibungkus daun pisang.

Seporsi kecil coto makassar dapat dinikmati dengan Rp 9.000,- sedangakan nasi putih, ketupat, atau burasa harganya Rp 2.500,- per porsi.




Ada juga es khas daerah Makassar, namanya es pisang ijo. Mengapa dinamakan es pisang ijo? Karena pisang raja yang merupakan bahan utama dari es ini dibalut dengan semacam getuk berwarna hijau. Dimakan dengan bubur sumsum (di tengah mangkuk yang warna putih itu bubur sumsumnya), sirup, dan es serut. Daapat dinikmati dengan membayar Rp 7.500,- per mangkuk.

Sumber: http://kulinersemarangku.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails