Kamis, 17 Mei 2012

Astana Girigondo, Makam Raja Pakualaman


Girigondo, Giri Gondo
Di area perbukitan menoreh yang memanjang terlihat hijau berderet pepohonan, ter dapat suatu tempat dimana menjadi tempat tersebut merupakan peristirahatan terakhir yang diperuntukkan bagi raja-raja Pakualaman dan kerabat Pakualaman. Tempat tersebut diberi nama Astana Girigondo, yang tepatnya terletak di Dusun Girigonda, kelurahan Kaligintung, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo kurang lebih 10 km dari kota Wates kea rah barat.  Jalan menuju ke Makam ini sudah cukup baik jalan beraspal namun bagi yang harus menggunakan kendaraan umum harus bergnanti angkutan karena jalur ini diluar jalur trayek bis yogya wates.
Girigondo, Astana GirigondoTempat ini dipilih dikarenakan area pemakaman Hastorenggo Kotagede sudah semakin penuh pada masa pemerintahan KGPAA Paku Alam V, dan memilih tempat ini karena merupakan tanah leluhurnya karena beliau adalah putra KGPAA Paku Alam II dari Garwo Raden Ayu Resminingdyah yang berasal dari Trayu, Tirtarahayu, Galur, Kulon Progo.
Warga sekitra makam ini terkenal dengan keramahannya dan budaya gotong royongnya masih tinggi menjunjung agama Islam yang kuat. Memmasuki area makam wewangian aroma dupa dan bunga menambah atmosfer hawa magis semakin kental. Pada pintu masuk komplek pemakaman Astana Girigondoterdapat simmbol Pakualaman dan tulisan Girigondo dengan aksara Jawa. Ditempat ini juga dibangun Masjid, tempat inilah menjadi sarana terjalinnya silahturahmi diantara masyarakat sekitar bahkan sebagai tempat para pemuda Girigondo mengkaji agama Islam.
Astana Girigondo pertama kali dipergunkan sebagai pemakaman KGPAA PAkuAstana Girigondo ALam V pada thun 1900, ini dibuktikan adanya prasasti yang menulikan hal tersebut pada gapura makam, teras 1. Sedangkan KGPAA Paku ALam I sampai dengan KGPAA Paku ALam IV dimakamkan di Hastorenggo, Kotagede Yogyakarta.
Astana Girigondo ini terbagi menjadi 6 teras yang setiap terasnya dihubungkan dengan tangga atau trap. Teras pertama merupakan teras tertinggi dikelilingi tembok dan pagar besi setinggi 2,40 meter dengan gapura dan pintu gerbang  terbuat dari besi. Area teras satu sebesar 3,2 x 2,155 meter ini dimakamkan keluarga Pakualaman yakni isteri, anaka dan menantu, sudah terdapat 32 makam, teras 2 terletak disebelah selatan teras 1, dihubungkan dengan trap, telah berisi 8 buah makam, teras 3sudah terdapat 2 makam, teras 4 sudah terdapat 3 buah makam yang merupakan kerabat jauh Pakualaman, teras 5 masih kosong, dan teras ke 6 terbagi menjadi 2 bagian yakni sebelah barat sudah ada 2 makam dan sebelah timur sudah ada 7 makam.
Bagi pengnunjung atau peziarah ke makam ini tidak dipungut biaya apapun

1 komentar:

  1. MINIMAL DEPOSIT YANG SANGAT TERJANGKAU, MENYEDIAKAN BERBAGAI FASILITAS DIDALAMNYA

    • Permainan Terlengkap

    • Layanan Customer Service Online 24Jam nonstop

    • Pelayanan Super Ramah, Profesional, Teraman & Fast Respon

    • Menerima Deposit Via All Bank Lokal Indonesia

    • Menerima Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL

    • Menerima Deposit Via Ovo

    Tunggu Apalagi? Daftar sekarang juga Di Zeusbola


    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607




    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails