Kamis, 17 Mei 2012

Taman Pintar Yogyakarta, Tempat Bermain dan Menggali Ilmu


Taman Pintar Yogyakarta terletak di Jalan Panembahan Senopati no. 3 yang berada dijantung Kota Yogyakarta. Akses untuk ke taman ini sangatlah mudah , banyak angkutan umum yang tersedia, mulai dari becak sampai bis kota, lokasinya yang dekat dengan Bandara Adi Sucipto 8 km, terminal Giwangan 6 km  dari setasiun Lempuyangan 3 km dan dari Stasiun Tugu 2 km. Taman yang mulai dibangun tahun 2003 dan diresmikan oleh Sultan Hamengku Buono X pada tanggal 9 juni 2007, dibangun untuk bertujuan meningkatkan kepekaan anak terhadap Ilmu  Pengetahuan Informasi dan teknologi (IPTEK). 
Taman Pintar Yogyakarta merupakan obyek wisata pendidikan keluarga, yang menawarkan fasilitas wahana dari usia pra sekolah sampai usia sekolah menengah keatas. Mulai dari PlayGround, Gedung PAUD, Gedung Oval, Gedung kotak dan Gedung Memorabilia. Pada masing – masing gedung terdapat wahana pembelajaran yang berbeda- beda, dari Wahana Indonesiaku , Taman bermain, titian sains, titian penemuan, petualangan lingkungan, penjelajahan kecil,  jembatan sains , Teknologi canggih dan Teknologi populer. Taman ini juga ingin mewujudkan moto yang diambil dari filosofi Ki hajar Dewantara, memahami dan mengingat( niteni), Menirukan (Nirokake) dan Mengembangkan ( nambahi).
Dimulai dari Wahana Taman Bermain, wahana ini bisa digunakan tempat bermain anak dan ruang tunggu publik, yang bertujuan untuk menumbuhkan Kecerdasan dan ketrampilan. Berbagai permainan yang ada di wahana ini adalah Cakram warna, permainan air dan dinding berdendang, disini anak – anak bisa mempelajari terjadinya pelangi, warna dan sumber bunyi, dan berbagai pertanyanan dijalan setapak. Anda bisa mengetahui penemu- penemu terkemuka didunia di wahan titan penemuan, Mulai dari penemu bola lampu, listrik, telepon, sampai penemu roda dan temuan terkemuka lainnya.Disini pengunjung bisa mempelajari penemu- penemu besar dari zaman Yunani Kuno sampai Abad ke-20. Bagi anak – anak yang tertarik dengan penelitian , diwahan Titan sains terdapat dua bagian yaitu anjungan duga yang menjelaskan tentang metode penelitian, dan bagian penelitian fosil, disini anak- anak akan diajarkan cara dan langkah dalam penggalian fosil. Untuk pengunjung yang Tertarik dibidang Matematika,fisika, kimia dan biologi tersedia wahana jembatan sains dan penerapannya dalam kehidupan sehari- hari, dengan model penyampai interaktif.
Diwahana Teknologi Populer pengunjung bisa belajar tetantang teknologi sekarang yang banyak digunakan masyarakat luas,sedangkan diwahana teknologi Canggih pengunjung bisa bermain mempelajari tentang teknologi masa depan dan cara- cara penerapannya. Berlanjut di Wahana Indonesiaku, wahana ini dipergunakan untuk meperkenalkan budaya Indonesia, mulai dari Kekayaan alam, warisan leluhur dan teknologi Indonesia modern. 
Wahana ini bertujuan Untuk memperkenalkan Kekayaan Alam Budaya Indonesia kepada anak- anak agar  mereka bisa menumbuh kembangkan budaya Indonesia dan warisan leluhur dibidang IPTEK dan bangga berdiri di Negara Indonesia. Sedangkan diwahana penemuan lingkungan ,  anjungan akuarium air tawar, hutan buatan, simulasi gempa dan simulasi tsunami, yang bertujuan untuk memperkenalkan sains dan membentuk  kepedulian terhadap lingkungan sekitar.
Untuk biaya masuk Taman Pintar berbeda- beda disetiap gedungya, untuk Gedung PAUD  dikenakan biaya Rp.1.000/orang untuk usia  2- 7 tahun, Gedung Oval dan Kotak biaya masuknya Rp.5.000 untuk usia 7- 18 dan untuk orang dewasa Rp. 10.000, Gedung Memorabilia dikenakan biaya masuk Rp.1.000 untuk anak-anak, dan untuk dewasa dikenak biaya Rp.2.000, sedangkan digedung Playground tidak dikenakan biaya . Taman pintar buka mulai dari pukul 09.00-16.00 WIB, dari hari Selasa – Minggu, tutup untuk hari Senin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails