Kamis, 17 Mei 2012

Menikmati Gudeg Jogja di Kampung Wijilan















Sentra makanan khas Gudeg Jogja berada di sepanjang Jalan Wijilan sebelah Timur Alun- alun Utara Yogyakarta, tempat ini menjadi tempat pertama kalinya muncul dan terkenalnya Gudeg Jogja. Tak lengkap liburan anda ke Yogyakarta jika tidak menikmati makanan khas yang sudah terkenal oleh wisatawan Mancanegara dan domestik ini. Gudeg Jogja berbahan dasar Gori atau nangka muda , yang dikukus sekitar 24 jam dalam suhu yang sangat panas untuk menguapkan kuahnya. Gudeg Jogja berbeda dengan Gudeg yang lain karena tidak berkuah, gudeg kering berwarna coklat tua kemerah- merahan dengan rasa yang manis dan gurih.












Gudeg Jogja ini bisa anda nikmati dengan berbagai lauk, mulai dari daging ayam dan telur yang direbus  dan dipindang hingga berwarna coklat,dipadu dengan rasa pedas yang didapat dari perpaduan tempe dan sambel krecek menjadikan gudeg ini mempunyai cita rasa pedas manis yang bisa membuat lidah anda bergoyang. Anda bisa menikmati gudeg ini dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp.5.000 sampai puluhan ribu rupiah tergantung dari jenis lauk yang anda pilih. Bagi anda berminat untuk melihat proses pembuatan gudeg jogja, dari beberapa warung yang ada di kampung wijilan memperbolehkan anda untuk melihat langsung proses pembuatan gudeg Jogja ini, jika anda penasaran dengan proses pembuatanya.












Gudeg  ini mampu bertahan 3 hari,karena gudeg ini merupakan gudeg kering, jadi bisa bertahan lama dan tidak basi,bisa anda jadikan oleh- oleh  kelurga dirumah. Dari Gudeg yang bisa bertahan lama dan cita rasa yang sangat menakjubkan inilah gudeg Jogja mampu terkenal  oleh wisatawan domestik maupun Mancanegara dan di kota- kota di Indonesia, karena kebanyakan dari wisatawan membawa gudeg Jogja untuk dibawa pulang kerumah sebagi buah tangan. Seperti oleh – oleh yang lain, gudeg jogja mempunyai bungkus yang unik, yaitu dari besek, dari bambu yang dianyam ataupun dari kendil yang terbuat dari tanah liat.
Sumber: http://panduanwisata.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails