Kamis, 17 Mei 2012

Kaliurang, Menikmati Kesejukan di Lereng Merapi


KaliurangTerletak di kaki gunung merapi sisi selatan pada ketinggian 900 m dari permukaan laut tepatnya di 28 km dari kota yogya yakni didesa Hargobinangun, Pakem Sleman, Yogyakarta. Tempat yang merupakan kawasan dataran tinggi, hawa dingin yang menyejukkan akan sangat terasa begitu memasuki areal kaliurang ini.
Tempat ini dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas, untuk anak-anak ada taman rekreasi dimana anak anak bisa bermain-main. Ada kolam renang mini, ayunan, papan luncur, dan berbagai macam permainan yang pasti putra putri anda akan menyukainya. Bahkan taman ini bisa untuk sebuah acara bagi yang datang secara berombongan. Bagi anda yang merasa tidak cocok berada ditaman bermain ini bisa ke Taman Wisata Plawangan Turgo. Ditempat ini ada beragam tempat juga yang bisa anda nikmati yakni bagi anda yang mampu berjalan mendaki dan belum terlalu siang takutnya diatas kabut akan turun biasanya kita boleh untuk naik keatas menyusuri hutan Plawangan dan mencapai satu tempat dinamai Puncak Pronojiwo, cukup lumayan tinggi keberadaannya namun jika cuaca cerah kita akan menikmati pemandangan luar biasa yakni dapat melihat puncak merapi yang sangat fenomenal tersebut.
Air Terjun Tlogo MuncarSetelah puas dengan keindahan puncak merapi kita kembali turun dan menikmati Air terjun yang dinamai Tlogo Muncar, tidak begitu deras aliran airnya namun percikan air yang mengenai kita saat berada tidak jauh dari sekitar air terjun menambah rasa dingin yang kita rasakan namun menyegarkan. Cukup menikmati air Terjun jika ingin berbasah basah lagi nikmati kesegaran air Gunung dengan berenang di Kolam renang yang dinamai Tlogo Putri. Jangan kaget kalau anda berenang di Kolam renang ini, karena airnya begitu dingin. Sumber air kolam renang ini diambil dari mata air dari bukit Plawangan. Kesegaran luar biasa dirasakan bercampur dengan rasa dingin kala menikmati berenang dikolam ini. Secara keseluruhan area Hutan wisata Kaliurang  ini juga dapat digunakan sebagai arena outbond.
Untuk berkeliling area wisata ini juga ada kendaraan yang semacam keretaKereta kelincinamun tidak lewat jalur rel tetapi berupa kereta yang ditarik oleh semacam mobil yang dibentuk seperti kereta api. Hanya dengan membayar Rp. 3.000,- per orang atau Rp. 20.000,- per rombongan yang terdiri dari 7 orang. Bagi yang ingin menghabiskan malam di kawasan ini banyak disediakan banyak tempat tempat menginap, bahkan warung warung juga banyak terlebih warung yang menjual makanan yang membuat badang menjadi lebih hangat salah satunya sate kelinci yang berada disebelah taman rekreasi.
Tiket masuk ke kawasan ini untuk dewasa sebesar Rp. 2.000,- dan Rp. 1.000,- untuk anak-anak. Jika menggunakan motor maka retribusi untuk motor sebesar Rp. 500,-, untuk mobil Rp. 2.000,- dan bis atau truk sebesar Rp. 3.000,-. Untuk hari-hari libur akan berbeda tarifnya yakni Rp. 3.000,- untuk dewasa dan Rp. 1.500,- untuk anak-anak.
Sumber: http://panduanwisata.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails