Kamis, 17 Mei 2012

Menikmati Malam Jogja di Angkringan Lik Man


Angkringan
Pada dasarnya angkringan adalah Penjual makanan dan minuman sederhana yang memakai gerobak atau angkring. Dahulunya para pedagan angkringan ini berjalan keliling namun saat ini kembanyakan mempunyai tempat mangkal tersendiri. Begitu juga dengan Angkringan Lik Man ini. Angkringan ini mengkal atau menetap di Utara Stasiun tugu tepatnya di Jl. Wongsodirjan. Tidak sulit menemukan tempat ini karena setiap malam pasti sangat ramai dikunjungi. Dari arah Tugu Yogyakarta lurus keselatan nah sebelum masuk area stasiun tugu ada jalan satu arah dari barat disitulah angkringan Lik Man berada.
Disebut akringan Lik Man sendiri pada dasarnya masih belum jelas karena orang yang berjualan yang dipanggil Lik Man sendiri bernama Siswo Raharjo sedangkan yang merupakan pelopor atau pertama kali yang berjualan ditempat itu justru orang tua dari Bp. Siswo Raharjo yang bernama Bp. Pawiro yang berasal dari Cawas, Klaten.  Awal jualan Bp. Pawiro sendiri dulunya tidak menetap ditempat itu juga, Dia berjualan berkeliling disekitar stasiun Kereta Api Tugu. Bp. Pawiro ini berjualan mulai tahun 1950 dan digantikan anaknya yakni Bp. Siswo Raharjo pada tahun 1969. Sekitar tahun tujuh puluhan Bp. Siswo Raharjo mulai berjualan menetap di utara stasiun tugu tersebut.
Angkringan disini karena pengunjungnya kian hari kian bertambah maka tempat duduk yang biasanya mengitari angkringan sudah tidak mencukupi lagi, maka saat ini bagi pengunjung akan lebih santai menikmati makanan dan minuman di tempat ini dengan duduk lesehan di pinggir jalan, sehingga ciri khas jogja semakin terasa. Makanan yang disajikan hampir sama dengan angkringan pada umumnya yakni Nasi Kucing, ini berupa nasi dengan lauk oseng tempe atau teri dengan sambal . disebut nasi kucing mungkin karena porsi yang sedikit hanya sekitar satu gengaman tangan. Yang lain daripada yang lain yang sering menjadi menu istimewa ditempat ini adalah Kopi Joss, kopi hitam kental yang dicelupin bara arang dari tungku yang seketika berbunyi “joss” sehingga orang menyebutnya demikian. Bagi yang tidak senang minum kopi masih banyak menu minuman yang disajikan ada teh, jahe, Jahe susu, atau yang dingin juga ada. Untuk makanan selain Nasi Kucing ada bermacam-macam gorengan ada mendoan, tahu susur (tahu isi sayur), Kepala Ayam yang di goreng manis (Bacem) dan masih banyak macamnya.
Yang menjadi ciri khas jogja lainnya adalah harganya bisa dikatakan sangat murah, Nasi Kucing satu bungkus hanya seharga Rp. 1.000,-, Aneka macam gorengan rata-rata Rp. 500,-, Aneka macam sate pada kisaran Rp. 1.000,- hingga Rp. 2.000,- dan aneka minuman mulai dari Rp. 1.000 s/d Rp. 2.500,-. Sangat murah, menikmati hidangan rakyat dengan nuansa malam yang penuh kebersamaan, menyatu dengan berbagai macam latar belakang pengunjung yang berbeda-beda.

1 komentar:

  1. MINIMAL DEPOSIT YANG SANGAT TERJANGKAU, MENYEDIAKAN BERBAGAI FASILITAS DIDALAMNYA

    • Permainan Terlengkap

    • Layanan Customer Service Online 24Jam nonstop

    • Pelayanan Super Ramah, Profesional, Teraman & Fast Respon

    • Menerima Deposit Via All Bank Lokal Indonesia

    • Menerima Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL

    • Menerima Deposit Via Ovo

    Tunggu Apalagi? Daftar sekarang juga Di Zeusbola


    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607




    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails