Senin, 18 Oktober 2010

Empal Gentong Khas Cirebon



What is Empal Gentong ?
jika kita merujuk pada wikipedia edisi Indonesia, kita akan menemukan jika makanan eksotis ini adalah khas Cirebon. Coba kita kulik sebentar informasinya.
Empal Gentong adalah makanan khas masyarakat kota Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai (gule) dan dimasak menggunakan kayu bakar (pohon mangga) di dalam gentong (priuk tanah liat). Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi.Empal gentong berasal dari desa Battembat, kecamatan Tengah tani, kabupaten Cirebon.
buat yang pengen tahu bagaimana sih empal gentong di masak dan penampakannya sebelum dihidangkan, mari kita intip sebentar dapurnya.



nah, ini dia dapurnya. ada banyak pilihan untuk diramu dan diracik jadi empal gentong. pengunjung bebas memilih lho. bisa full daging, atau mau dicampur babat, atau mau campur atau bahkan jeroan saja. monggo dipilih dipilih .



setelah kita memilih, maka mulailah proses barbar ala galia dimulai. dagingnya dipecel pecel sampai jadi kecil kecil. contohnya seperti di atas.



nah, sekarang diguyur kuah, hampir siap untuk dihidangkan. perpaduan daging yang sudah diukep bumbu kuning, dengan kuah yang mlekoh seperti gulai membuat yang bagian motret jadi nyem nyem sendiri. buru buru balik ke tempat duduk takut kehabisan .
oh, ya, kalau balik ke foto pertama, ada disediakan acara dan bubuk cabai kering. buat kamu yang suka seger seger dan pedas pedas. makin banyak makin nikmaaaat.
kalau pengen tahu tempatnya, tinggal cari yang ada tanda begini di depan warungnya.














Sumber: papabonbon.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails