Rabu, 03 November 2010

Arwana



Arwana si ikan Pembawa Hoki.
Sebagai ikan purbakala, Arwana memiliki bentuk serta penampilan cantik dan unik. Tubuhnya memanjang, ramping, dan stream-line, sedangkan gerakan berenangnya amat anggun. Selain itu, proses ikan Arwana saat berkembang biak juga mengandung nilai filosofi yang tinggi. Arwana betina tugasnya hanya bertelur. Kemudian, induk jantan memeram dan memelihara telur-telur itu di dalam mulut selama 40 hingga 50 hari sampai menetas.


A. Kelas Sclerophages Formous

1. Arwana Super Red

http://www.aroclubindonesia.com/contest/02.jpg
Terletak pada sisiknya yang berwarna merah menyala dan memancarkan warna kuning di beberapa bagian tubuhnya.
Batas sisik yang jelas ( ring ) terdapat di bagian kepala dan punggungnya, bagian tepi siripnya berwarna kemerahan, lingkaran sisiknya berwarna merah kekuningan hingga merah terang, bibirnya berwarna merah.
Habitatnya di alam liar di pulau kalimantan, di air yang tenang tidak berbatu, ada di sungai dan danau.



2. Arwana Golden Red



Cirinya berwarna kuning keemasan, terutama pada sisik kepalanya.
Batas antara sisik punggung dan kepala berwarna kehitaman, dan di bagian ekor dan sirip belakang berwarna kemerahan, bibirnya tidak merah seperti super red.
Ini hidup di alam liar sekitar perairan Jambi, Riau, Medan.



3. Arwana Malayan Bonytongue


Ini ikan dari saudara kita serumpun katanya yaitu malingsia, terdapat di perairan malingsia, mempunyai ciri seluruh sisik punggungnya di penuhi denganring berwarna emas.
ini ikan mempunyai nama beken yang banyak seperti ; pahang gold, taiping golden, bukit merah blue atau istilah kotanya sono tuh malaysian gold, untung bukan malingsian gold ya fren.
ini ikan serakah juga ya..sudah punya nama panggilan banyak rupanya dia juga punya kembaran dari jenisnya, yaitu ; yang berwarna dasar kuning dengan ring ungu dan yang berwarna dasar ungu dengan ring kuning.



4. Arwana Green




Ikan berasal dari Amerika selatan dan ternyata sudah membaur tersebar di perairan di Thailand, Malaingsia, dan Negara kita tercinta ini.
saat di masih piyik warna hijaunya masih dikit fren dan tertutup warna kemerahan....dia bertambah tua warna makin hijau kelihatan jelas...hampir miriplah dengan kita kalau lihat duit...sama deh.




B. Kelas Sclerophages Jardini

 
 
Ini sering juga kita sebut sebagai  Arwana Irian. Ikan ini banyak banget di perairan irian atau sekarang kita kenal dengan nama Papua.
dapat juga bertatap muka di bagian utara sungai Queensland dan bagian selatan sungai jardine, Australia...hahaha..fren butuh pasport untuk lihatnya.
ciri khasnya memiliki bintik merah yang menghiasi di seluruh tubuhnya, yang paling menonjol terletak di bagian ekor dan siripnya yang berwarna dasar coklat kehijauan dan warna keperakan tampak di bagian perut dan warna kemerahan menghiasi tubuh bagian belakang.



C. Osteoglossum Bicirrhosum



Ini sering juga kita sebut sebagai Arwana Silver atau nama bekennya Naga Perak....yang ini paling banyak orang belinya dan harga relatif terjangkau untuk anak kost-kostan kayak daku, hahaha...
ciri khususnya sisik-sisik di tubuhnya yang berwarna keperakan, akan kelihatan indah bila terkena cahaya matahari atau lampu....dan rupanya ikan ini seing disebut dengan Arwana Brasil karena banyak di jumpai di perairan sungai amazon.



D. Osteoglossum Ferreirai



Lagi-lagi ini ikan dari Brazil, hidup di sungai-sungai. ikan ini senang dipanggil dengan Black Brazil atau Black Arwana. tapi jangan salah juga fren warna hitamnya tidak selalu hitam juga, seiring bertambah umurnya warna kehitaman akan memudar dan berubah menjadi perak kekuningan, bentuknya mirip dengan arwan silver.



E. Arapaima Gigas


  
Brazil lagi bo....nama kerennya Pirarucu ini merupakan arwan paling besar fren, bisa panjang sampai 3meter atau 4 meter lebih......serem bo....waktu kecil ini ikan pasti imut karena berwarna kuning kehitaman dan berubah menjadi putih keperakan setelah gede. ini boss arwana bisa bertahan di oksigen yang minim karena dia bisa buat gelembung udara sendiri sehingga dapat membantu proses pernafasan...ckckckckckck...hebat deh..tidak di panggil boss besar.


F. Hetoritis Niloticus



Nama gaulnya Arwana Nil karena terdapat di perairan sungai Nil. Bentuknya mirip dengan saudara jauhnya yaitu arapaima gigas tetapi lebih pipih.
Ini ikan berwarna coklat susu bila dewasa tapi kalau imutnya berwarna kuning kemerahan dengan kombinasi warna kehitaman.
Yang ini agak beda fren...arwana pada umumnya mengerami telurnya didalam mulutnya tapi ikan ini meletakkan telurnya di sarang berbusa yang di buatnya sendiri dan ikan ini dapat tumbuh mencapai 90cm.



G. Sclerophages Leicchardi



Arwana ini berasal dari Australia dan memiliki ciri warna perak kehijauan dengan hiasan batik jingga pada tubuhnya. Ikan ini memiliki keleihan, dapat bertahan hidup terhadap suhu panas dan dapat bertahan di air yang ber-PH agak asam hingga sedang.

1 komentar:

  1. Osteoglossum Bicirrhosum
    itu berapa harganya??

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails