Rabu, 21 September 2011

Si Rambo, Rambutan Asli Bogor yang Langka

Si Rambo yang Langka
 


Kalau mendengar namanya pasti ingat akan film nya Sylvester Stallone yang sempat happening beberapa tahun lalu. Tapi ini berbeda, Rambo alias rambutan Bogor yang sudah cukup sulit untuk ditemui ini rasanya manis asam segar. Kulitnya tebal sangat kokoh seperti babat. Coba simak infonya disini yuk!

Mengisi akhir pekan kemarin saya berjalan-jalan ke Bogor bersama teman-teman untuk wisata kuliner di sana. Saat berada di toko asinan Gedong Dalem, saya melihat banyak sekali penjual aneka buah-buahan 'mangkal' di area aprkirnya. Mulai dari penjual pisang, sawo, talas, manggis, dan masih banyak lagi. Penjual tanaman hias dan tanaman obat juga ada loh!

Nah, ada yang menarik minat saya disini. Ternyata Bogor juga salah satu pusat buah langka. Banyak sekali buah-buahan langka dijual disini seperti di pasar Suryakencana. Sebut saja buah bisbol, yang warna daging buah dan aromanya mirip dengan mentega.

Ada juga 'rambo', alias rambutan Bogor. Warna kulitnya merah tua kehitaman, saat dipegang kulitnya sangat kokoh, tebal tidak seperti buah rambutan yang sering kita temui di pasar. Kalau dibuka menggunakan kuku jari pun akan sulit, sehingga membukanya harus menggunakan pisau. Beberapa orang ada juga yang menyebut buah rambutan ini adalah rambutan babat, karena tekstur kulit buahnya yang menyerupai babat.

Meskipun terlihat besar, ternyata buahnya seperti rambutan biasanya. Daging buahnya tidak gampang terlepas dari bijinya, dan rasanya manis-manis asam segar! Wah, buat ibu-ibu yang sedang ngidam rambutan ini sangat cocok loh!

"Rambutannya tahan sampai seminggu neng, dijamin gak bakalan busuk," promosi sang penjual saat saya menanyakan perihal si rambo ini. Mungkin ini juga yang menjadikannya disebut rambo, selain kependekan dari rambutan Bogor tentu saja.

Nah, tertarik mencicipi si Rambo yang langka ini?


Sumber: www.detikfood.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails