Rabu, 21 September 2011

Buah Roti yang Empuk Bergizi

Buah Roti yang Empuk Bergizi
 


 Buah yang satu ini rasanya empuk lembut dan gurih-gurih manis persis roti. Karena itu sangat disukai untuk camilan, keripik dan belakangan bahkan dibuat tepung untuk aneka jajanan dan kue. Buah dari Tahiti inipun akhirnya menjadi penganan populer di tanah air. Mau coba?

Sukun, buah yang dikenal dengan sebutan 'breadfruit' ini memang punya keistimewaan. Daging buahnya tebal, berserat halus sehingga saat dimakan rasanya empuk gurih. Mirip tekstur roti karena itu disebut buah roti. Sukun ada dua jenis yang banyak ditanam orang, jenis yang hijau dan yang kuning.

Jenis yang kuning buahnya lebih besar ukurannya dan rasanya manis. Sukun ini dikenal dengan sebutan sukun Yogya karena banyak didapati di wilayah DIY. Saat masih muda warnanya memang kehijuan tetapi saat masak, warnanya jadi kuning sehingga disebut juga 'sukun gading'.

Pohon sukun termasuk pohon besar dengan buah yang bisa mencapai 200 butir per tahun. Beratnya dari 500 gram hingga mencapai 1, 5 kg dan untuk jenis tertentu bisa mencapai 5 kg. Kandungan karbohidratnya lumayan besar 75%, 31% gula, 5% protein, dan sekitar 2% lemak. Karena itu sukun diandalkan sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi.

Belakangan sukun ditanam untuk diambil buahnya yang akan diproses menjadi tepung sukun. Tepung ini kemudian diolah menjadi aneka makanan kecil. Sedangkan buahnya secara trasdisonal biasnya diolah dengan cara sederhana.

Setelah dikupas, buah sukun bisa dipotong-potong kemudian dikukus dan dimakan dengan kelapa parut. Atau yang paling sering dipotong-potong dibumbui garam dan bawang putih lalu digoreng kering. Jika suka yang renyah gurih, sukun bisa diiris tipis lalu digoreng kering.

Karena itu sukun sekarang sudah dimasukkan ke dalam pangan bergizi dan bisa diolah menjadi beragam makanan lain. Terutama sebagai sumber karbohidrat pengganti beras. Sayangnya sukun jenis kuning hanya ada di Yogya dan sukun hijau juga tidak ada tiap saat di pasaran. Tetapi kalau mau, di toko buah atau pasar tradisional besar selalu ada buah roti ini.

Sumber: www.detikfood.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails