Kamis, 21 Oktober 2010

Bakso Dengkul Sapi Cak Arif di Bratang Binangun


Kata Bakso sudah tak asing dari pendengaran kita. Bakso merupakan salah satu panganan yang biasa kita jumpai di tengah masyarakat, baik mulai dari pelosok desa hingga perkotaan. Tapi ada nama yang jarang kita dengar yakni Bakso Dengkul (Lutut) Sapi. Seperti apakah Bakso Dengkul Sapi buatan Cak Arif ?.

Bila Anda melintas di Jalan Bratang Binangun, pecinta kuliner pasti tertarik membaca spanduk bertuliskan Bakso Dengkul Sapi.

Rasa penasaran seakan tak bisa dibendung di kedai Bakso Dengkul Sapi di Jalan Bratang Binangun No 27 Gubeng Surabaya. Rupanya Meski spanduknya bertuliskan Bakso Dengkul Sapi, pemilik, Fatono Arif atau Cak Arif mengaku bakso khusus dengkul sapi tidak ada.

"Ya ini biasa saja mas. Cuma dengkul sapi ini kita gunakan sebagai campuran kuah bakso. Ini yang membedakan bakso kami dengan bakso biasa lainnya. Kalau pelanggan kami sudah paham dan tidak marah-marah, kalau ada konsumen yang menanyakan dengkul sapinya ya kami jelaskan," kata Cak Arif (40) warga Kaliasin Surabaya, sambil tersenyum mengingat perilaku pembelinya.

Arif menjelaskan, kuah bakso lainnya biasa dicampuri dengan lemak atau sumsum tulang sapi. Tapi kuah bakso buatannya dibumbui bawang merah, bawang putih dan bumbu lainnya yang dicampuri dengan dengkul sapi.

"Kalau menggunakan dengkul sapi, kuahnya menjadi sedap dan tidak mudah mengendal lemaknya. Selain itu rasanya juga tidak nek (membosankan)," tuturnya.

Sementara pentol bakso bikinannya juga enak, karena tidak ada kandungan formalin atau borak dan lebih banyak daging sapinya. "Kami ingin memberikan rasa puas kepada konsumen. Pentol kami dagingnya pilihan berkualitas dan campuran tepungnya sedikit. Pentol kami tidak mengandung formalin atau borak. Pentol kami rasanya semakin empuk dan gurih," tuturnya.

Untuk tiap porsi Bakso Dengkul Sapi ini terdiri dari pentol kasar, pentol halus, gorengan, tahu goreng dan siomay seharga Rp 7.500. Kalau Anda ingin mencoba, silahkan mendatangi Bakso Dengkul Sapi Cak Arif di Jalan Bratang Binangun 27 yang jaraknya sekitar 100 meter dari Polsek Gubeng dan buka mulai pukul 10.30 WIB hingga 21.00 WIB.

www.surabaya.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails