Sabtu, 16 Oktober 2010

Garang Asem Ayam, Satu Lagi Kuliner dari Solo




Di Solo, Jawa Tengah, terdapat sebuah menu tradisional yang mulai jarang ditemukan, yaitu ayam garang asem. Olahan ayam berkuah santan yang dimasak dalam menggunakan daun pisang ini didominasi rasa gurih, asam dan agak pedas.
Jika Anda ingin merasakan kelezatan yang sempurna dari masakan ini, maka daging yang diolah haruslah berupa ayam kampung. Hampir seluruh bumbu masakan ini berupa rempah - rempah dengan tambahan cabe, daun jeruk dan belimbing uluh atau biasa disebut belimbing sayur.

Cara  memasak olahan ini tidak rumit, daging ayam kampung dipotong kecil - kecil. Kemudian dicampur dengan santan berikut aneka rempah - rempah, seperti merica dan pala serta potongan cabe dan belimbing uluh. Adonan ini kemudian dibungkus daun pisang sebelum akhirnya dikukus.

Konon menu ayam garang asam banyak dinikmati oleh orang berada, karena dahulu hanya orang - orang tertentu yang mampu membeli ayam kampung dengan harga yang relatif mahal. Namun belakangan menu tradisional ini mulai jarang ditemukan diwarung makan, namun justru menu ini mulai diperkenalkan oleh sebuah hotel.
Meski merupakan menu tradisional, namun ayam garang asam ini mempunyai citrarasa yang menggugah selera.


Garang Asem Mercon

Warung makan ini khusus menyediakan masakan khas Jawa. Menu spesial dan andalanya Garang Asem Mercon. Daging ayam dibumbui cabai yang sangat pedas dan dibungkus daun pisang.

Dagingnya empuk dan bumbunya meresap hingga ke dalam. Dagingnya menggunakan daging ayam jantan yang dibumbui sederhana, irisan bawang merah, bawang putih dan cabai.

Rasa kaldu ayamnya sangat kuat dan lemaknya pun tidak berlebihan. Fasilitasnya ada free hospot.

Warung Makan Khas Jawa Lapangan Tembak
Alamat : Barat Stadion Manahan Surakarta
(di ruko no 2, Utara Poltabes)
Jl KS Tubun Surakarta
Telepon : 0271 9125000-085642671111
Buka : 07.00 – 00.00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails