Sabtu, 16 Oktober 2010

Soto Girin, Kuliner Khas Sragen

















Soto ini memang lain dari yang lain, seolah memiliki aura magic soto ini mampu menghipnotis setiap pelangganya dengan kuah segar beraroma khas kuali dan perapian arang kayu. Soto ini telah puluhan tahun silam didirikan dan diwariskan secara turun temurun pada anak cucunya, bagi masyarakat kota Sragen pasti sudah tidak asing lagi dengan soto ini tak terkecuali saya yang telah 5 tahun ini merantau di Balikpapan. Akan terjadi lonjakan pengunjung yang sangat dahsyat pada saat musim lebaran tiba, telah menjadi tradisi setiap selesai melakukan sholat ied keluarga saya dan juga keluarga2 lain untuk menyerbu warung soto ini.

Yap soto ini menggunakan brand “Soto Girin” yang telah dirintis oleh Pendirinya bapak Girin di sebuah sudut kota Sragen puluhan tahun silam dan kini telah diteruskan oleh anak cucunya, dilingkungan keluarga kami Soto Girin sangat populer hingga selalu menjadi alasan kekangenan kami pulang ke kampung halaman Sragen.

Rahasia kehebatan soto ini adalah terletak pada cara memasaknya yang tidak pernah di rubah dari sejak didirikan oleh Bapak Girin, soto ini dimasak didalam kuali yang terbuat dari tanah liat dan menggunakan kayu bakar sebagai perapianya dan tentunya menggunakan bumbu2 rahasia yang tidak akan pernah saya ketahui rahasianya, konon sekitar tahun 1980an pernah seorang pengusaha sukses dari ibu kota menawarkan ratusan juta untuk membeli bumbu soto ini tapi ditolak dengan sopan oleh Bapak Girin dengan alasan bahwa sebenarnya tidak ada rahasia bumbu pada soto ini hanya saja sesepuhnya  Bapak Girin mengatakan kalau soto ini akan berubah rasa apabila di buka di lain tempat.

Percaya tidak percaya tetapi saya pribadi pernah mencoba cabang soto ini di kota Solo tetapi memang rasanya sangat lain dari tempat asalnya Sragen, saya juga mendengar kalau soto ini juga tidak terlalu sukses di kota Karanganyar. Jadi jika anda penasaran jangan sampai kelewatan untuk mencicipi soto ini ketika anda berkunjung di kota Sragen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails