Sabtu, 16 Oktober 2010

Kuliner di Kota Blitar

1. Nasi Pecel



Nasi Pecel, makanan khas Blitar yang sepertinya pas banget buat sarapan. Karena kebanyakan yang jualan tuh pagi sampe siang. Kalo malam ada sih, namanya Pecel Pincuk, yang ini agak jarang. Biasanya saya beli yang di Jalan A.yani soalnya yang jual cakep, padahal anaknya 3 dan suaminya jelek hahaha.
 Selain murah, porsi-nya banyak, makanan tradisional kaya gini kan sehat dan bebas penyakit katanya sih. Malah ada pabrik sambel pecel-nya udah bisa invasi ekspor ke negeri Belanda dan Amerika.
Keren kan, jadi kalo pas ke Blitar jangan sampai lupa mencicipi atau akan menyesal seumur hidup 666 turunan.


2. Kicak, Cenil, Lopis dan Gethuk





Satu lagi jajanan pasar yang biasa dijual di pasar dan jalan-jalan kota Blitar, nama-nya ya itu tadi..bahan dasar-nya semua dari ketela pohon a.k.a singkong, trus diramu menjadi camilan kenyal dipadu dengan parutan kelapa manis, nikmat banget kalo sambil ngeteh ato ngopi, sama ngeliatin orang pacaran yang lewat. Harganya tentu saja murah banget, bahan dasar-nya aja murah. Jadi lupakan sejenak kebab, burger dan kroni-kroni-nya..back to jajan pasar ya nak.


3. Tempe Gembus




Kalo yang jenis ini kayak-nya dimana-mana banyak ya, emang enak banget gorengan yang satu ini, apalagi kalo didulit sama petis atau cabe yang ijo..mak crot mas haha. Tapi yang paling saya suka di deket Makam Bung Karno, karena selain tipis banget, bumbunya kerasa banget..dan kalo kasih bonus banyak lagi, mbak-nya manis lagi..tapi agak item kaya gorengan.


4. Ice Drop Asli Blitar




Yang ini sempat saya bahas di blog saya yang satu-nya hehe, Es Cream Tradisional khas Blitar, gak tau di kota lain ada gak..disini aja udah agak jarang yang jualan. Biasanya orang-orang tua yang jualan—dengan suara yang khas banget, kemasan-nya udah lebih modern meski bahan masih tetep tradisional. Semoga saja penjualnya umurnya panjang biar makanan ini tetep eksis di tengah booming-nya jajanan penuh formalin dan pengawet buatan. Long Live Drop Es!!

1 komentar:

Related Posts with Thumbnails