Sabtu, 16 Oktober 2010

Jajanan Khas Mojokerto, ya Onde - Onde

   
 

















Kebanyakan orang sering menanyakan tentang khas mojokerto yaitu onde-onde.
Mungkin mereka tahu dari sejarah bukan dari realita, bisa jadi juga dari sekedar cerita untuk buah bibir etika tegur-sapa. Padahal aku juga bingung, seperti di mojosari-mojokerto sendiri sebenarnya onde-onde juga tidak mudah di dapatkan sewaktu-waktu dan tak pikir sama saja seperti daerah-daerah yang lain yang kalau di pasar mestinya ada Cuma bukan menjadi trend daerah , tapi hanya sekedar komoditi makanan pasar. Jadi, kadang kalau mereka meminta bawa oleh-oleh, saya belikan aja di perjalanan seperti di bis yang kadang juga ada.

Pengalaman, biasanya di sekitar tempatku kalau ada orang lagi punya gawe dan ingin menyajikan hidangan kue onde-onde, tingal pesan ke orang yang terkenal special buat onde-onde, tapi dia bukan pedagang, hanya specialis terima pesanan.
Kabarnya juga di daerah Mojokerto kota ada toko khusus penyedia kue ini, tapi cuma satu. Lantas dimana onde-onde itu..? untuk temen-temen yang tahu lengkap tentang informasinya silahkan kabarkan kepada saya lewat email, comment, atau bersuaralah di shoutbox. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi yang lain.

Selamat untuk kota mojokerto yang merayakan ulang tahunnya kemarin dengan mengadakan kegiatan festival goreng onde-onde. Memang identitas itu sebenarnya bukan dimiliki kota atau kabupaten tapi oleh seluruh warga. Jadi siapapun yang berjasa terhadap daerah ini, harus kita kasih dukungan.  Maju terus kuliner mojokerto.

Sumber: mojokert-blog.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails