Sabtu, 16 Oktober 2010

Lontong Bumbu Petis, Makanan Khas Lumajang


















Saat pulang ke kampung halaman, salah satu hal yang akan dicari adalah makanan khasnya. Di Lumajang, Jawa Timur, menjelang Lebaran pun ada berbagai jenis makanan yang tidak bisa ditemui di hari biasa.





"Di sini ada makanan yang unik dan hanya ada saat Lebaran, yaitu lontong," kata salah seorang warga Lumajang yang tinggal di desa Bades Pasirian, Muhammad Nur Hayid.

Makanan-makanan seperti lontong, ketupat, dan lepet yang dibuat oleh warga Lumajang ini berbeda dari yang biasanya. Kalau biasanya lontong yang dikenal biasanya berbentuk lonjong, lontong lumajang ini berbentung prisma.

"Sayurnya untuk lontong juga berbeda, ada daging ayam, telur, tahu, kentang diolah jadi satu. Ditambah dengan petis," kata dia.

Petis di Lumajang juga berbeda dengan di tempat lain. "Di Lumajang petis dikasih bawang putih, dikasih jahe. Lalu untuk variasi dikasih kulit ayam digoreng dicampur dengan udang, daging sapi, telur besar atau telur puyuh," jelas Hayid.

Seperti di daerah lain, ketupat juga menjadi salah satu makanan khas yang banyak ditemui saat Lebaran di Lumajang. Selain itu ada juga lepet yang nikmat untuk disantap bersama dengan keluarga dan para tamu saat lebaran.

"Macam-macam isinya, ada lepet isi kacang, ketan, dan pisang," ujar dia.

Sumber: ramadhandetik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails