Kamis, 10 Maret 2011

Bagi Facebooker Ini Sangat Penting!

1298551150131393238
Sumber:http://1.bp.blogspot.com


Facebook yang begitu fenomenal memiliki tingkat kerawanan yang fenomenal pula. Tak jarang profile Facebooker diambil alih oleh Facebooker tak bertanggung jawab yang selanjutnya disalahgunakan.

Pengamanan yang terus ditingkatkan Admin Facebook seakan tidak efektif menangkis segala ancaman. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa bukan hanya Facebook, Social Network lainnya pun dapat mengalami hal buruk yang sama. Userlah yang menjadi korban, kerugian pun dialaminya meski tidak terkait langsung dengan materi/keuangan/duit.

Salah satu pengamanan dari Facebook adalah dengan diterapkannya fitur Keamanan Akun. Fitur ini diklaim menjadi Perlindungan Ekstra terhadap Account Facebook. Lalu, apa yang terjadi bilamana Account Facebooker diambil alih pihak tidak bertanggung jawab. Hal pertama tentunya, Password Account terebut telah diganti dengan Password yang baru. Fenomena berikutnya yang sering terjadi adalah Facebooker tersebut menggunakan Profile bersangkutan meng-update status yang berbeda dengan kebiasaan sang pemilik Account. Dari fenomena tersebut semestinya dapat dicurigai bahwa Profile dimaksud telah diambil alih. Pertanyaan berikutnya, apa tanda-tanda awal Account kita telah diambil alih. Kejadian umum, sang pemilik dalam keadaan Login pada Profile-nya, tiba-tiba Logout dan diminta untuk Login kembali.
Disaat berusaha untuk login kembali, ternyata Facebook menolak dengan alasan Username atau Password bersangkutan salah. Bila kejadiannya seperti ini, maka dengan cepat lakukan upaya untuk mengambil alih kembali Account milik kita. Pada postingan kali, tidak akan dibahas tata cara balas-membalas atau pun tata cara mengambil alih Account milik Facebooker yang lain. Kiranya pertanyaan berkaitan dengan hal tersebut dan semacamnya tidak akan direspon, terima kasih sebelumnya atas pengertiannya. Upzzz, kata-katanya seperti kalimat penutup pada Surat Resmi.

Facebooker yang terhormat, berikut beberapa tahapan yang dapat dilakukan untuk mengembalikan Account milik kita yang telah diambil alih sebelumnya.

Steps 1
Kunjungi Website penyedia email yang digunakan untuk Login pada Account Facebook tersebut. Secara umum Facebooker menggunakan Gmail dan Yahoo!. Login seperti biasa kemudian telusuri Pesan Masuk. Temukan pesan dari Facebook berupa Konfirmasi Mengubah Ulang Kata Sandi Facebook. Bila Keamanan Account pada Profile Anda telah diaktifkan, maka Facebook juga akan mengirimkan pesan berupa pemberitahuan bahwa Account tersebut diakses dari perangkat tertentu. Dengan sendirinya dapat Anda ketahui bahwa Account dimaksud diakses dari perangkat yang tidak Anda kenali. Selanjutnya ikuti Link di dalamnya yang akan mengarahkan pada 5 (lima) langkah utama dalam mengembalikan Account milik kita. Namun bila pesan yang satu ini tidak ada, segera kunjungi Pusat Bantuan Facebook.

Steps 2
Klik Amankan Akun pada halaman Facebook untuk memulai mengamankan Akun Anda.

Steps 3
Berikutnya kita diperhadapkan pada 5 langkah seperti yang disampaikan sebelumnya. Klik Lanjutkan, maka segeralah kita beranjak menuju Steps selanjutnya.

Steps 4
Masukkan dua kata berupa kode Captcha dengan mengetik pada kolom yang disediakan. Kemudian klik Kirim.

Steps 5
Pada tahapan ini, Facebooker diminta menentukan Password yang baru. Perlu diperhatikan bahwa Facebook tidak menerima Password yang pernah digunakan sebelumnya pada Account tersebut. Sehingga Facebooker harus membuat Password yang benar-benar baru. Tergantung Anda dalam menentukan seberapa kuat Passwordnya dengan merangkainya sedemikian rupa. Lalu klik Ganti Kata Sandi untuk kembali beranjak dari kursi tahapan ini.

Steps 6
Emailkan Perubahan Kata Sandi. Pada tahapan ini Anda diminta menentukan email konfirmasi yang akan digunakan untuk mengonfirmasi hasil perubahan Password tadi. Pilih emailnya dengan mencentang kotak kecil masing-masing di bagian kanan, kemudian klik Lanjutkan.

Steps 7
Periksa aktifitas Login. Facebook mendeteksi aktifitas Login pada Account tersebut pada rentang waktu, perangkat dan lokasi tertentu. Aktifitas ini yang menguraikan mengenai pengambil alihan Account bersangkutan. Setelah semua tahapan ini selesai, Anda dapat mengetahuinya lebih lanjut dengan mengecek Informasi Pemberitahuan Masuk Keamanan Akun pada menu Pengaturan Akun. Namun, selesaikan terlebih dahulu tahapan demi tahapan dengan mengeklik Lanjutkan.

Steps 8
Setelah tahapan demi tahapan diikuti, saatnya mengunjungi Profile kita dengan mengeklik Kembali ke Beranda Facebook.

Steps 9
Bila Anda berhasil melalui semua tahapan, telusuri kembali Pesan Masuk dari Facebook pada Email Anda berupa Konfirmasi Perubahan Password. Cukup dibaca dan diketahui pesan tersebut, tidak perlu dibalas atau pun mengeklik Link di dalamnya.

Steps 10
Kembali ke FACEBOOK, Klik Menu Akun dan pilih Pengaturan Akun. Pada Sub Menu Keamanan Akun, perhatikan informasi yang disajikan. Seperti diuraikan pada Steps 7, terdapat informasi yang menjelaskan bahwa Account dimaksud telah diakses dari perangkat tertentu oleh Facebooker tidak bertanggung jawab. Hapus perangkat tersebut dari daftar agar perangkat dimaksud tidak dapat mengaksesnya lagi di kemudian hari.

Dengan mengikuti tahapan di atas, Insya Allah Account Facebook sobat Facebooker maupun Blogger dapat diambil alih kembali dari tangan-tangan tidak bertanggung jawab. Namun, hal ini tentunya tidak menjamin keamanan murni terhadap Account Anda. Kendalikan Privacy, Kontrol Keamanan dan terus cek perubahan yang mungkin terjadi pada Account Anda agar keamanan Account tetap terjaga dari jangkauan tangan-tangan tidak bertanggung jawab. Semoga Facebook lebih aman ke depannya, Facebooker pun merasa aman berbagi cerita maupun ilmunya melalui jejaring fenomenal tersebut, Salam Facebooker.

Asep Jaelani
 
Sumber: teknologi.kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails