Kamis, 10 Maret 2011

Mobil Hybrid Tercepat di Dunia

Gambar
Veritas RS III Roadster Hybrid

Sebuah mobil aneh bernama Veritas RS III Roadster diklaim sebagai mobil hibrida tercepat di dunia saat ini. Mobil ini diklaim mampu berlari hingga kecepatan 330 km perjam.

Vermot AG yang memproduksi Veritas RS III Roadster sebenarnya sudah memperkenalkan mobil ini di awal tahun lalu, namun ketika itu, Veritas RS III Roadster masih diperkuat oleh mesin V10 milik BMW yang berkapasitas 5.0 liter yang sama dengan yang digunakan M5 dan M6. Mesin tersebut memiliki kekuatan hingga 507 hp.

Namun kini, kekuatan mobil ini bertambah berkat aplikasi motor listrik 105 kW yang dipasangkan pada roda depan. Dengan tambahan motor listrik ini, tenaga total mobil ini pun bertambah jadi 600 hp.

Sebagai akibatnya, bobot mobil ini bertambah hingga 500 kg akibat mengendong baterai lithium ion. Tapi meski kini lebih berat, Vermot AG mengklaim bahwa mobil mereja ini mampu berlari hingga kecepatan 100 km perjam hanya dalam waktu 3,1 detik saja atau turun 0,1 detik dari versi bermesin konvensional yang tercatat membutuhkan waktu 3,2 detik untuk mencapai kecepatan yang sama.

Tapi meski mampu berakselerasi lebih baik, kecepatan puncak mobil ini turun menjadi 330 km perjam atau 10 km perjam lebih lambat dari versi konvensional.

Sistem hibrida yang berada di Veritas RS III Roadster terbilang cukup cerdas dengan mengaplikasi teknologi Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang mampu mengisi ulang baterai di ketika mobil melakukan pengereman.

Seperti dikutip dari Translogic, Rabu (9/3/2011), dengan hanya mengandalkan kemampuan baterai dan motor listriknya, Veritas RS III Roadster masih mampu berjalan hingga 50 km dengan keceatan standar.

Kemampuan Veritas RS III Roadster Hybrid ini tentu merupakan sebuah inovasi, namun Vermot melalui petingginya mengatakan akan membuat versi coupe dari Veritas yang akan keluar di musim panas ini. Sementara versi listrik akan diperkenalkan pada tahun 2013 mendatang.

Sumber: oto.detik.com

1 komentar:

  1. harga toyota kijang inova bekas4 April 2014 pukul 14.41

    Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
    keep update!Harga Toyota Kijang Inova Bekas

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails