Kamis, 10 Maret 2011

Keindahan Pantai-Pantai di Gunung Kidul

Pantai Siung

Pantai ini terletak di desa Purwodadi Kecamatan Tepus, berjarak + 35 Km dari Wonosari dengan prasarana jalan aspal sampai di tepi pantai. Pantai Siung merupakan cekungan laut yang diapit 2 bukit dengan tebing terjal yang dihiasi relief perbukitan Kars dan memungkinkan sebagai lokasi olahraga panjat tebing.

Kerindangan daerah sekitarnya merupakan tempat habitat kera ekor panjang. Dengan hamparan pasir putih serta ombak yang tidak begitu besar, merupakan tempat yang nyaman bagi nelayan untuk mencari ikan laut yang beraneka ragam jenisnya. Pada saat-saat tertentu, para wisatawan juga bisa menikmati sajian kesenian khas daerah yaitu atraksi seni Doger.








 
Pantai Sundak

Pantai ini terkenal dengan panorama alam hijau yang menyatu dengan suasana pantai yang menyegarkan, biasa digunakan sebagai ajang lokasi perkemahan bagi wisata remaja.







 

Pantai Krakal

Pantai Krakal dapat dicapai melalui jalan sepanjang 6 kilometer dari kawasan pantai Kukup, sehingga pantai Krakal merupakan mata rantai perjalanan setelah mengunjungi pantai Baron dan pantai Kukup. Jarak pantai Krakal dari Yogyakarta lebih kurang 65 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam.

Perjalanan menuju pantai Krakal ini juga melintasi bukit - bukit kapur, diselingi dengan teras - teras batu karang. Hal ini merupakan ciri dari daerah karst yang dikelola penduduk. Berdasarkan penelitian geologis, pada zaman yang silam, daerah ini merupakan dasar dari lautan yang oleh proses pengangkatan yang terjadi pada kerak bumi, dasar laut ini semakin lama semakin meninggi dan akhirnya muncul sebagai dataran tinggi. Batu - batuan karang yang nampak pada waktu itu merupakan bekas rumah binatang karang yanghidup di air laut saat itu.

Pantai Krakal merupakan pantai yang paling indah, di antara seluruh hamparan pantai di sepanjang pulau Jawa. Pantai ini akan dibangun menjadi kawasan pantai dan perkampungan wisatawan, khususnya wisatawan asing, semacam tourist resort Nusa Dua di pulau Bali. Pantai Krakal, bentuk pantainya landai, berpasir putih, terhampar sepanjang lebih dari 5 kilometer. Pantai ini menerima panas matahari dari pagi hingga petang hari sepanjang tahun. Angin laut yang terhembus sangat sejuk, ombaknya cukup besar.







 

Pantai Baron

Pantai Baron terletak di Kabupaten Gunung Kidul, untuk mencapainya terlebih dahulu kita ke kota Wonosari (Ibukota Kabupaten Gunung Kidul) yang terletak lebih kurang 40 kilometer dari kota Yogyakarta.

Prasarana jalan yang menuju ke kota Wonosari ini cukup baik, dengan melintasi jalan berkelok - kelok naik dan turun, berikut pemandangan yang indah. Transport umum Yogyakarta - Wonosari berupa bus dan micro - bus tersedia dalam jumlah yang cukup.

Jarak antara Wonosari dengan pantai Baron lebih kurang 20 kilometer, dengan kondisi jalan yang beraspal, melintasi bukit bukit kapur yang terkenal dengan sebutan pegunungan seribu. Pantai Baron merupakan teluk yang diapit oleh dinding bukit yang hijau, dipenuhi oleh pohon kelapa. Teluk ini juga merupakan muara dari aliran sungai dibawah batu karang, yang airnya cukup jernih.

Ombak pantai Baron agak besar, tetapi para pengunjung masih dapat berenang di pantai ini sampai batas yang diperkenan-kan, yang ditandai dengan rentangan kawat yang di-bentangkan di atas teluk itu. Baron juga merupakan pang-kalan para nelayan, yang sebagian dari mereka telah memperlengkapi perahu - perahunya dengan mesin motor, sehingga dapat menjangkau laut lebih luas.

Kalangan remaja dan pramuka sering melakukan kegiatan berkemah di tempat ini, disamping melakukan kegiatan lintas alam ke bukit - bukit yang mengelilingi teluk pantainya.





Pantai Ngrenehan

Terletak di Desa Kanigoro Kecamatan Saptosari + 30 km disebelah Selatan Kota Wonosari. Suatu pantai berupa teluk yang dikelilingi hamparan perbukitan kapur dan memiliki panorama yang sangat memukau dengan deburan ombak menerpa pasir putih.

Para wisatawan dapat menyaksikan aktifitas nelayan dan menikmati ikan siap saji atau membawa ikan segar sebagai oleh-oleh. Masih dalam satu kawasan dengan Pantai Ngrenehan + 1 Km. di sebelah Barat terdapat pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan. Setiap Bulan Purnama pada hari Raya Nyepi di Pantai Ngobaran dilaksanakan upacara Melasti.









 
panas.dalam
Sumber: kaskus.us

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails