Kamis, 10 Maret 2011

Keindahan Pantai-Pantai di Gunung Kidul (2)

Pantai Kukup Gunung KidulPantai Kukup Gunung Kidul
 

Saya bersama dengan rombongan tim touring jalan-jalan menyusuri sejumlah pantai di Gunung Kidul. Sebenarnya ini adalah agenda akhir tahun kemarin, tapi karena kemarin ada beberapa halangan maka baru bisa terlaksana kemarin.
Touring kali ini sengaja nyari obyek yang tidak jauh dari Jogja, maklum waktu yang ada cukup terbatas.

Dengan rombongan empat motor kami berangkat tanggal 10 sore dengan tujuan pertama pantai Kukup. Kotagede – pantai Kukup kami tempuh dalam 1,5 jam. Sampai di sana yang dicari pertama adalah penginapan. Tidak sulit mencari penginapan di pantai Kukup. Jumlahnya mungkin belasan, dari yang kelas biasa sampai yang kelas lumayan.


Pantai Kukup

Pantai Kukup

Pantai Kukup terletak di sebelah timur pantai Baron dan termasuk salah satu pantai yang mempunyai fasilitas pendukung seperti penginapan dan warung makan yang paling banyak.



Pantai Drini



Ini adalah kedua kalinya saya ke pantai Drini. Pertama main ke sini kira-kira sepuluh tahun yang lalu. Ternyata tidak banyak perubahannya, masih sepi aja. Pantai ini lumayan kecil, diapit oleh dua bukit di sebelah barat dan timur.


Pantai Wediombo



Pantai Wediombo adalah pantai paling timur yang kami jelajahi. Jaraknya sekitar 25 Km kalau dari pantai Kukup. Sesuai dengan namanya, Wediombo mempunyai (pantai) pasir yang cukup luas. 
Di sisi sebelah timur, pantai ini terdapat banyak batu karang yang banyak digunakan sebagai tempat untuk memancing ikan.
Pantai ini sebenarnya mempunyai pemandangan yang cukup menarik, tapi sayangnya masih kurang terjaga kebersihannya.


Pantai Siung

Pantai Siung

Namanya serem juga nih. Siung, kalau dalam bahasa Indonesia berarti taring. Nggak tahu kenapa dinamakan siung. Yang jelas pantai ini menurut saya yang paling menarik diantara beberapa pantai yang kami kunjungi. Pantai ini lumayan ramai dan bersih.
Sama seperti di Wedimbo, di sini juga banyak ditemui para pemancing ikan.


Pantai Timang

Pantai Timang

Pantai ini sepertinya belum dikembangkan sebagai obyek wisata. Ini terlihat dari jalan yang menuju pantai Timang yang lumayan berat. Kami harus melewati jalan berbatu sejauh kurang lebih 3 Km. Sampai di sana pun tidak ada pengunjung lain selain saya cs.


Pantai Krakal



Diantara pantai-pantai lainnya, pantai Krakal termasuk yang paling ramai pengunjungnya, padahal menurut saya pantai ini termasuk biasa saja.


Pantai Sepanjang



Pantai ini masih sepi alias belum banyak pengunjungnya. Dalam touring kemarin total ada enam pantai yang kami kunjungi. Ada beberapa pantai seperti Sundak, Ngobaran, dan Ngrenehan yang kayaknya cukup menarik tapi belum sempat kami kunjungi karena waktu yang cukup terbatas. Mudah-mudahan lain kali bisa ke sana.
 
Secara umum pantai-pantai di Gunung Kidul cukup menarik. Sayang potensi tersebut belum dikembangkan secara maksimal.

Sumber: www.lutfigoblog.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails