Sabtu, 10 September 2011

Lezatnya Gablok Pecel Semarang



Siapa yang sudah pernah makan gablok? Sekilas mirip nasi atau lontong yach? Gablok ini makanan tradisional khas Semarang, biasa untuk sarapan. Bisa di temui di pasar-pasar tradisional di Semarang.

Gablok adalah makanan yang di buat dari beras ketan putih yang di tumbuk bersama kelapa parut dan sdkt garam, rasanya gurih dan terasa menul-menul (apa ya bahasa Indonesianya..hehe..). Gablok ini paling pas di sajikan dengan pecel dengan sayuran dan sambel kacang yang rada encer..tapi pedes dan manis gurih banget rasanya tambah lengkap dengan tambahan lauk gorengan tempe mendoan atau bakwan dan bacem, seperti tahu tempe bacem.

Yang bikin amazing, harganya murah banget. Padahal kan bikinnya ribet..nasi putih perlu di tumbuk-tumbuk segala. Seporsi gablok cuma di hargai Rp 1.500. Kadang ada orang yang tega juga, pesan gablok Rp1.000 per bungkus.

Aku gak bisa kebayang secara harga beras ketan, sayuran, kacang, dll saja sudah mahal. Tapi ya itulah makanan kampung memang murah meriah. Kalau aku suka minta tambahan extra saus bumbu kacangnya yang banyak, terus aku kasih uang Rp 2.500 sama Mbahnya seporsi, kasihan juga. Jadi seporsi gablok penuh bumbu yang lezat seperti ini cuma Rp 2.500 buat sarapan.

Kalau yang ingin bikin sendiri di rumah,caranya: Beras ketan putih yang baru matang di tumbuk sama kelapa parut sampai halus dan liat, maka akan terasa menul-menul rasanya. Lalu cetak di mangkuk sayur atau di bungkus daun bentuk lontong. Padatkan, dipotong-potong sesuai selera, sajikan dengan pecel sayur dan sayuran.
Suer..enak banget... lebih enak dari lontong kalau pakai bumbu pecel.
Selamat mencoba..!

 Sumber: http://langsungenak.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails