Sabtu, 10 September 2011

Nasi Pindang Kudus



Menyambung tulisan perihal makanan Semarangan, sekalian aja aku nulis soal Nasi Pindang Kudus. Sebenarnya nasi pindang merupakan makanan khas Kudus tetapi di Semarang juga banyak yang berjualan makanan ini. Masih berada di jalan Gajah Mada Semarang juga ada sebuah warung yang menjual Nasi Pindang Kudus. Nama warungnya Nasi Pindang Kudus Tanah Mas.




Ngomongin nasi pindang jangan Anda bayangkan nasi dengan ikan pindang lho. Sebab tak ada hubungannya sama sekali dengan ikan pindang yang biasa dimasak sarden atau nasi kucing itu. Pindang Kudus merupakan salah satu masakan yang hampir mirip rawon. Jadi berbahan dasar daging sapi dimasak rawon tetapi menggunakan santan. Hampir mirip dengan sayur brongkos tetapi tidak menggunakan cabe. Jika Anda memesan nasi pindang kudus di warung nasi pindang kudus Tanah Mas ini maka mereka akan menyajikan dalam piring dengan alas daun pisang. Kuahnya berwarna hitam keabuan. Isinya nasi, kuah, beberapa potong daging dan daun so/belinjo. Rasa kuahnya agak manis. Bila suka pedas, tinggal menambah sambel cabe rawit yang dicairkan dengan air yang sudah tersedia di meja.


Biasanya pembeli bisa memesan pula tambahan lauk yaitu jerohan, paru, babat, iso dan lain-lain yang dimasak seperti bacem dan rasanya manis.  Mereka juga menjual aneka lauk seperti perkedel, tempe goreng dan krupuk. Jika Anda tak begitu suka nasi pindang kudus, Anda bisa memesan soto daging yang juga mereka jual.  

Sumber: http://rachmira.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails