Jumat, 15 Oktober 2010

Ayam Taliwang, Masakan Khas Pulau Lombok



Lombok memiliki wisata kuliner yang beragam dengan cirikhas rasa makanan yang super PEDAS.Bagi penggemar pedas wajib hukumnya untuk merasakan makanan ala Lombok.

Yang paling terkenal adalah Plecing Kangkung dan Ayam Taliwangnya...hemmm di jamin bakal ketagian. Tekstur dari kangkung Lombok berbeda dengan kangkung di derah lain kangkung lombok memiliki serat yang lembut dengan warna hijau muda segar menimbulkan sensasi berbeda ketika mengunyahnya apalagi dipadukan dengan bumbu yang super pedas. Sedangkan kalau Ayam Taliwang yaitu ayam muda yang dibakar dkemudian dibumbui dengan bumbu khas Taliwang dan pastinya menggunakan ayam kampung. Dagingnya yang empuk dan komposisi bumbu yang pas membuat kita terlena dengan rasanya..

Mengapa di sebut ayam Taliwang? "Itu karena masakan ayam berbumbu ini berasal dari Kampung Karang Taliwang, Kelurahan Cakra Utara, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kampung ini berpenduduk 3. 309 jiwa atau 729 keluarga. Ada cerita, bumbu ayam dahulu kala ditemukan oleh H Murad (alrmarhum) dan istrinya, Salmah dari Karang Taliwang. Selain yang di sebutkan di atas masih banyak makanan khas dari pulau lombok yang wajib untuk di coba. Kalu penasaran mending langsung aja dateng ke Lombok dan ngerasain kenikmatan rasa makanannya di jamin gak bakalan nyesel...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails