Jumat, 15 Oktober 2010

Soto Kriyik, Makanan Khas Purbalingga

Soto Kriyik yang Ciamik

Jika mampir ke kota Purbalingga, jangan lupa untuk mencicipi soto kriyik. Seperti apa sih soto kriyik? Konon soto ini paling enak disantap bersama pindang telur dan kepala ayam saat panas kemepul. Hmm... yang pasti sih rasanya ciamik pol!

Berniat hanya sembari lewat kota Purbalingga saat mudik lalu, ternyata membangkitkan kenangan masa kecil saya. Dulu sekali, ayah saya sering mengajak saya mampir makan Soto Kriyik di Pasar Purbalingga. Maka, ketika mudik ini saya lewat kota Purbalingga, langsung lari ke Pasar Purbalingga, tepatnya di Kios Kidul Pasar no. 27 Purbalingga. Tujuannya cuma satu, menikmati nostalgia masa kecil melalui Soto Kriyik Bu Karsini.

Sambil menunggu pesanan datang, mulailah mata saya beredar. Menyaksikan etalase, ada kepala dan bagian-bagian badan ayam yang digoreng garing. Ada kerupuk yang ditempatkan di tempat yang unik. Ada seplastik besar bahan kriyikan. Telur pindangnya ditata berlarik, kuahnya yang panas kebul-kebul...

Rasanya mirip dengan Soto (sroto) Sokaraja. Bedanya tentu di kriyiknya itu. 'Kriyik' ini adalah tepung beras yang digoreng sangat garing sehingga sangat renyah. Tidak hanya kriyikan ini yang digoreng renyah.

Ada 2 jenis yang ditawarkan, yaitu biasa atau komplet. Yang membedakan keduanya adalah telor pindangnya. Saya memesan komplet, dimana seporsi harganya Rp 9.000,00. Pembeli juga bisa minta topping tambahan berupa kepala ayam. Kepala ayam ini pun digoreng sangat garing sehingga rasanya seperti makan kerupuk yang krispi. Saya lihat orang di sebelah saya sampai meminta 2 kepala ayam yang langsung diremukkan di atas kuah soto yang kemepul.

Ketika saya menyendokkan soto kriyik ke mulut, ya Allah... nikmatnya rasanya sungguh luar biasa! Rasanya saya tidak keberatan untuk ngelengke wektu (meluangkan waktu secara khusus) makan Soto Kriyik Bu Karsini yang sudah buka cabang di Jl. MT Haryono (Karang Sentul) Purbalingga dan Jl. Prof Dr. Suharso Purwokerto ini. Tidak percaya? Coba saja!

Untuk ragam minuman tentu tidak banyak. Jeruk hangat atau es, teh hangat atau es, dan soft drink. Tetapi cobalah pesan teh panas untuk menemani makan Soto Kriyik Anda. Pasti akan menjadi duet maut yang akan mengisi perut Anda. Dijamin keringat akan menetes deras keenakan. Apalagi jika makan Soto Kriyiknya disertai dengan sambal kacang. Keringat keluar, perut kenyang, tentu akan menyegarkan kembali kepenatan tubuh Anda selepas berkendara. Betul-betul ciamik pol!

Soto Kriyik Bu Karsini
Pasar Purbalingga
Kios Kidul Pasar No.27 - Purbalingga


Sumber: detikFood.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails