Jumat, 15 Oktober 2010

Nasi Bebek yang "Maknyuss" di Surabaya

Ternyata masih banyak tempat-tempat yang menyediakan makanan khas kota Pahlawan, ketika kita sedang traveling di Surabaya. Makanan kali ini tetap makanan tradisional, makanan yang memang berasal dari negeri tercinta Indonesia, khususnya dari kota Pahlawan ini. Nasi Bebek namanya.

nasi bebek


Mungkin di daerah lain juga ada penjual nasi bebek, tapi nasi bebek yang ada di Surabaya memiliki ciri khusus dalam rasa maupun penampilannya. Nasi bebek yang sudah jelas berbahan utama daging bebek, memiliki tekstur yang berbeda dengan daging ayam misalnya, kekhasan rasa daging bebek sangat menggoda bagi siapa saja. Apalagi sebelum digoreng, bebek direbus dalam air berbumbu. Belum lagi bumbu bebek khas yang akan menemani ketika daging bebek sudah digoreng semacam bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, jahe dan garam. Bahkan ada beberapa penjual nasi bebek menambahkan kayu manis sebagai pelengkap bumbu, sehingga memiliki cirri khas rasa tersendiri.

Begitu daging bebek sudah empuk dan bumbu sudah meresap, baru daging bebek digoreng dalam minyak hingga kering dan warnanya mengkilat kecoklatan. Dan penyajian bebek bersama sayuran lalap seperti mentimun, daun selada dan kemangi beserta nasi putih yang masih hangat, sambal cabe rawit dan dilumuri bumbu bebek yang khas semakin membuat orang tidak akan betah membiarkan nasi bebek hanya dipandang saja. Dagingnya empuk dan terasa gurih ketika bagian kulit bebek yg terasa crisp dan berlemak itu dikunyah.

Tapi harus diingat, bahwa daging bebek memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Jadi hati-hati ketika memakannya, apalagi bila sesudah memakan nasi bebek lalu terasa pusing atau sakit di kaki, itu petanda bahwa kolesterol dalam tubuh cukup banyak. Tapi biasanya hal seperti itu langsung tak dihiraukan bila nasi bebek sudah ada didepan mata. Jadi bila sedang traveling ke Surabaya, sudah sepantasnya untuk memburu kelezatan nasi bebek yang terkenal itu.

 
nasi bebek2



 Inilah Lokasi Nasi Bebek Goreng yang patut direkomensdasikan untuk lidah anda, di Surabaya:


Jalan Tanjung Torawitan - belakang pom bensin, daerah Perak Utara
Namanya Cak Yudi
Khasnya adalah bebek goreng disajikan dengan nasi hangat dan sambel pencit
Tempatnya warung pojokan jalan sepi, ada meja dan kursinya - parkirnya nyaman
Buka jam 15.00 - 17.00 - semua hari tanpa kecuali
Kapasitas 20 - 25 orang

Jalan Bratang Gede 68 - 5046161
Namanya BKT (Bebek Kayu Tangan)
Khas dari BKT adalah bebek goreng plus kremezan
Tersedia juga bebek bakar yang tidak kalah lezat dan yummynya seperti bebek gorengnya
Tempatnya rumah dipinggir jalan, kalo bawa mobil agak repot parkirnya karena lebar jalan yang sempit
Warungnya lumayan gede, kapasitas cukup untuk 50 orang

Jalan Yos Sudarso
Dipinggiran jalan, banyak mobil sliweran, enak kan bisa lihat-lihat pemandangan gratis hehehe
Biasanya tambah malam, tambah rame apalagi malem minggu, membludakkk


Jalan Tembaan - didepan BCA, dekat Tugu Pahlawan
Namanya Bebek Tembaan
Cari aja warung bebek yang rame, pasti itu tempatnya..
Petunjuk kedua, disebelah warung bebek ada warung yang jual Es Degan
Kalo sudah nemu sesuai petunjuk diatas, berarti pasti bener deh!
Khasnya pada sambelnya. Ada sambel asin/pedes (warna merah) dan sambel ijo
Buka sekitar jam 18.00an
Kalo mau kesana dari arah Bubutan, lempeng aja sampai perempatan Tugu Pahlawan baru belok kanan
Trus puter balik depan Resto Tristar jalan Pasar Besar, tempatnya di kanan jalan
Cara kedua lewat jalan Jagalan, lurus aja sampai ke Pasar Besar, ketemu lampu merah, itulah warungnya

Jalan Karang Empat, daerah Pasar Kapas Krampung
Namanya Bebek HT
Tapi sekarang yang namanya Bebek HT bisa juga ditemui di daerah Jemursari depan Toko Tanaman Trubus
Bebeknya empuk, mak prrruullll...

Jalan Dharmawangsa - Surabaya
Depan kantor IDI - Ikatan Dokter Indonesia

Jalan Kendangsari - depan kantor Telkom
Namanya Bebek KDR
Bukanya sorean jam 17.00
Bagi yang tidak suka bebek, tersedia juga ayam goreng
Tempatnya warung pinggir jalan, tapi cukup bersih kok!


http://surabaya.detik.com/images/content/2008/06/30/594/bebekpalupi_dalam.jpg

Jalan Kalianyar, pojokan Pecindilan - pertigaanna Undaan Wetan
Namanya Bebek Papin
Larisnya minta ampun!!
Bukanya jam 17.00an tapi harus segera kesana bila ingin kebagian
Tempatnya warung pinggir jalan, agak becek dan sulit cari parkiran
Mending makan untuk dibawa pulang
Jalan Nginden Semolo - depan kantor kecamatan Sukolilo
Namanya Bebek Doa Ibu
Ya kalo kebetulan ada didaerah sana dan lagi ngebet makan bebek, why not gitu loh, mampir aje!
Tempatnya warung sederhana, selain bebek ada juga ayam, lele, ikan bakar dan tempe penyet

Jalan Kayun - Depan BCA
Namanya Bebek Goreng Barokah
Yang jual agak galak, tapi yang penting kan bebeknya..hehehhe

Jalan Tenggilis Mejoyo
Namanya Bebek CJDW
Selain bebek ada juga seafood dan ayam, lele dan tempe penyet
Paling sering kesitu pesen usus gorengnya, enak dan murah banget
Bebeknya ada berbagai ukuran, tinggal pilih sesuai keadaan kantong

Jalan Urip Sumoharjo - samping toko Arlisa
Dari arah A.Yani ke TP
Bebeknya pake sambel pencit

Jalan Tunjungan di Hotel Majapahit
Ada bebek Peking di Sarkies
Enak banget deeehh!

Jalan Kalimantan
Namanya Bebek Goreng Mak Nyak
Coabin aja kalo lewat kesana!

Jalan Karangmenjangan
Namanya Bebek Goreng KM
Juga ada ayam buat yang pengan makan ayamlah..heheheh
Bumbunya merasuuukkkk booo....

Jalan Jemursari
Namanya Bebek Wachid Hasyim
Lihat aja ramenya, bisa kelihatan dari rel kereta api
Sering bikin macet karena saking banyaknya motor yang parkir dipinggir jalan
Tempatnya rumah pinggir jalan, catnya warna hijau
Selain bebek ada juga ayam dan soto
Kadang bisa ketemu sama artis grup Boomerang - kalo hoki!

Jalan Diponegoro - depan RS William Booth
Namanya Bebek Dipo
Khasnya adalah bebek goreng kering, sambelnya yang pedessss dan ada tambahan kremezan srundeng kelapa
Jalan Blauran - sebelum BG Junction
Namanya Bebek Padin
Khasnya pake bumbu kuning

Jalan Semarang - sebelah polsek
Disediain lalapan yang boleh diambil sepuasnya tapi ga boleh makan lalapannya doank ya
Kudu pesen bebeknya juga donk!
Harganya cukup cooperatif ama kantong kita-kita

Jalan Embong Malang - samping hotel JW Marriot
Bebeknya kenyul-kenyul dan sambelnya bikin ga pernah lupa dan selalu pengen balik lagi

Jalan Babatan Pantai - daerah rukonya
Namanya Bebek Goreng Babatan
Layak untuk dicoba

Jalan Manyar Rejo - daerah Untaq, depan aliran sungai
Namanya Bebek Madura Cak Hamid
Makanan andalannya adalah bebek, nda jual produk lain
Sambelnya top dan bumbu bebeknya maaakk nyyyiiissss

Jalan Karang Empat, sebelah bebek HT
Namanya Bebek Om Jo
Jual Bebek super, empuk dan tidak ada perlawanan yang berarti
Nasi putihnya diguyur bumbu kuning
Tempatnya agak kecil tapi larissss

Jalan Kedungdoro - sebelah gang Wonorejo II sebelum Kwetiau Apeng
Namanya Bebek Goreng Kedungdoro
Bosen kwetiau...saatnya bebek beraksi!

Jalan Biliton 34 A - 7004 3636 / 6033 3636
Namanya Waroeng Bebek Krathon
Bebek dengan olahan khas Ngayogjokarto
Ga doyan bebek? ada ayam
Pengen coba selain daging bebek? tersedia botok telor bebek
Parkirannya agak sempit, mending delivery dddeeeehhh

Jalan Undaan depan RS Mata Undaan
Namanya Bebek Punk
Juga tersedia sea food
Disajikan dengan bumbu kuning

Jalan Polisi Istimewa d/h Dr.Soetomo
Namanya Padjajaran
Harganya agak menguras kantong tapi worthed dengan rasanya
Kalo mau irit, pesen satu bawa pulang, bisa makan dengan nasi sepuasnya dirumah tentunya

Jalan Indrapura, deket Panasonic Gobel dan Gedung Keuangan Negara
Namanya Bebek Handayani
Coba aja, daripada nyesel belakangan

Jalan Embong Wungu / Embong Sawo - gang kecil depan lapangan tenis Embong Sawo
Namanya Bebek Buk Madura
Di gang kecil itu tidak hanya bebek tapi jga banyak makanan khas Surabaya lain yang bisa ditemui
Buka siangaja, sore jam 16.00 sudah tutup

Jalan A.Yani, depan Departemen Pariwisata - sebelahnya Alfa Supermarket
Namanya Bebek Cak Da'i
Harga murah meriah

Jalan Bratang - daerah deket terminal Bratang - depan bengkel
Namanya Purnama
Sudah terkenal dimana-mana, harganya murah
Tapi antrinya...kudu sabar yaaa...

Jalan Galaxi... agak ngawur... :) pokoke depan Mall Galaxy
Ada jalan kecil tempat parkir motor
Namanya Cak Sandy
Tempatnya warung pinggir kali, kalo males makan disitu, bungkus aja deeh
Harga murah bangets! tapi kenyangnya terjaminnnn




 

Jalan Lontar arah Citraland
Namanya Pak Qomar
Pernah denger blun???....klao belum...ketinggalan jaman deeehh
Bukanya cuman pagi sampe setengah sore
Warungnya cilik tapi ramenya ampuuunnn
Porsinya kecil jadi jangan sungkan kalo mau nambah lagi...

Jalan Diponegoro sebelah bank Taspen
Namanya Bebek Wiyung (rada aneh padahal tempatnya kan di Dipo??)
Herganya terjangkau bangets deh!
Bebeknya empuk dan bumbunya nyeseeep..

Jalan Jambangan
Namanya Surabaya depan Roti Michelin
Khasnya nasi bebeknya disiram kuah kuning jadi bikin rasanya gurih dan mantap dengan sambel yang pedess
Buka jam 16.00

Jalan Raya Dukuh Kupang sebelah toko keramik
Namanya Bebek Goreng Kartika
Ga hanya jual bebek tapi juga ada ayam, tahu dan tempe goreng
Yang aneh sambelnya, 2 macam, ada yang merah ada juga yang item
Aneh kan? penasaran....coba aja!

Jalan Rungkut Asri - depan SMUN 17 - depan Perpustakaan Daerah
Namanya Bebek Palupi
Ramenya saingan deh sama Bebek Papin
Buka sekitar jam 17.00 - sabar ya ngantrinya!

Jalan Nias - dibawah rel kereta api persis
Namanya Bebek Canggih
Tempatnya warung kecil tapi dijamin aman dari tubrukan kereta api
Hiburannya suara kereta api...bikin nambah semangat nafsu makan hehehe
Bebeknya agak lain dari yang biasanya karena ada bumbu kentalnya
Ga garink sii..tapi mirip rendang..
Sambelnya pake pencit dan pedes
Kalo makan bebek ini ga perlu kecap..langsung tancap!

2 komentar:

  1. Ada lagi gan namanya bebek goreng ketupa yg ada d Jalan ketupa Surabaya didepan hi tech mall surabaya, bebeknya lebih makyus banget gan q pernah ke sama

    BalasHapus
  2. Kami para peternak bebek menjual bebek lokal dalam kondisi hidup dan karkas (tanpa kepala, kaki dan jeroan) dengan spesifikasi sebagai berikut:

    1. Berat bebek kondisi karkas 07 - 0,8 kg (fresh 1 hari pemotongan)
    2. Berat bebek kondisi karkas 0,5 - 0,6 kg (fresh 1 hari pemotongan)
    3. Jeroan dan kepala dapat disertakan menurut permintaan konsumen.

    Kami menyediakan gratis pengiriman dengan minimal pembelian 500 ekor dalam satu kali pengiriman.

    Timbangan yang kami pergunakan adalah timbangan digital dengan keakuratan 99%.

    Stock bebek sanggup memenuhi kebutuhan 3000 ekor/bulan pada saat ini yang mana dalam masa panen.

    Bagi yang berminat serius dapat menghubungi:
    bang haji suhendar
    Desa Cimenteng No.2, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor
    Telp: 0857 5653 3889

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails