Jumat, 15 Oktober 2010

Sate Klopo (=Kelapa) Ondomohen yang Melegenda


 satenasi2

Kota Surabaya memang terkenal dengan Gudang makanan yang tidak pernah bosan untuk di cicipi.
Ada rujak cingur, Bebek goreng, Nasi pecel, Tahu Tek, Tahu Campur, Rawon dan berbagai makanan yang menggoda lidah kita. Di Jalan Walikota Mustajab, Surabaya ada satu lagi kuliner yang sangat terkenal yaitu Sate Kelapa Ondomohen.

Bukan kelapa yang di sate di sini, sama seperti sate lainnya yang diberi bumbu kacang. Yang membuat khas adalah sate ini terdiri potongan daging lulur dalam yang sudah dipisahkan dari otot-ototnya, sehingga ketika disantap tidak begitu liat alias susah dikunyah. Setelah itu barulah sate ini ditaburi parutan kelapa diatasnya sebelum dibakar. Aroma bumbu dan kelapa inilah yang membuat aroma sate ini harum dan rasanya gurih.
Penjual sate ini berasal dari Madura dan mungkin saja sate ini juga berasal dari sana. Dan bila ingin mencoba sate kelapa ini kita haruslah datang pagi sekali karena buka dari jam 6 pagi sampai jam 1 siang saja tiap harinya.

sate-klopo-ondomohen_0665

Dan juga kita harus rela antri untuk menikmatinya. Karena tempat duduk yang sedikit maka ada juga yang menikmati sate ini sambil berdiri. Tapi jangan khawatir karena rimbunnya pohon di sepanjang jalan ini maka tidak akan terasa gerah dan panas bila harus antre di sini.
Sate ini bisa dimakan dengan nasi atau lontong.

Rasa satenya sendiri gurih, karena ada sepotong gajih yang menyelinap di antara 3 potong daging disertai serundeng, ditimpali sedikit rasa manis dari bumbu kacang yang halus dan kecap. Hati2, terselip dua buah cabe rawit di dalam bumbu kacangnya.
Silahkan mencoba.

(Mulai tanggal 18 Mei 2010 , sate klopo ondomohen Bu Asih tempat jualnya pindah ke depan/seberang nya. Tepatnya di Jalan Walikota Mustajab 36 Surabaya.  Buka mulai pukul 06.00 pagi s.d 22.00 setiap hari).

Sate Kelopo Bu Asih
Jl. Walikota Mustajab (di trotoar jalan, Sebelah Mie Kocok)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails