Jumat, 15 Oktober 2010

Kepiting "Super" Cak Gundul




Tidak terlalu banyak tempat khusus untuk bisa menikmati sajian seafood special. Namun, bila ada kesempatan, sepertinya Anda perlu mencoba kenikmatan kepiting Cak Gundul yang banyak mendapat acungan jempol dari setiap orang yang mencicipinya.
Andalan kedai di kawasan Jalan Raya Kupang Indah itu memang berupa olahan kepiting. Hewan bercapit ini diolah menjadi berbagai masakan yang penggugah selera. Mulai dari kepiting asam manis, kepiting bumbu kare, atau kepiting masak mentega.

Pelanggannya setiap malam selalu berjubel. Racikan khasnya membuat orang ingin berkunjung lagi. Sebenarnya Kepiting Cak Gundul sudah ada di Pandaan, Pasuruan sejak tahun 1992. Di tanah kelahirannya itu, Cak Gundul memang sudah terkenal. Coba tanya saja pada setiap orang di Pandaan. Pasti semua akan memberi tahu letak Cak Gundul.
Di kedai milik Mahsun –nama asli Cak Gundul, Anda bisa memilih sendiri kepiting yang Anda inginkan, lalu ditimbang. Dari situ bisa diperkirakan berapa dalam pengunjung mesti merogoh kocek.
Untuk kepiting jumbo atau kepiting jantan Rp 100.000 per kg. Sementara, untuk kepiting kualitas super 1 Rp 90.000 per kg, dan super 2 Rp 80.000 per kg. Nah, untuk jenis full jumbo, yaitu kepiting telur, per kilonya Rp 110.000.
Lantaran menggunakan konsep dapur terbuka, pengunjung bisa melihat langsung saat kepiting dibersihkan, diolah, dan kemudian disajikan di meja. Meski mengusung konsep terbuka, Machsun tak ingin pengunjung kedainya terganggu. Anda tak terganggu asap atau kotoran dari masakan.
[SBY00067.jpg]

Cecepan Yang Merindukan
Untuk rasanya, kepiting olahan Machsun memang istimewa. Saat mencecap kepiting asam manis, rasa manis nan nikmat sangat mendominasi. Jika tak begitu menyukai rasa manis, Anda bisa berpesan kepada pramusajinya. Jika menyukai pedas, Anda juga bisa memesan kepiting asam manis yang pedas.
Kepiting bumbu kare juga demikian. Harum bumbu kare langsung menyeruak. Ingat, jangan buruburu menyeruput kuah kare itu, bisa-bisa lidah Anda terbakar. Tunggu sebentar, lalu seruput pelan- pelan, maka rasa hangat akan langsung menghuni perut Anda.
Saat mencecap kepiting, tak perlu bekerja keras. Soalnya, cangkang kepiting sudah dibuat sedemikian rupa sehingga Anda tidak perlu repot-repot memukul atau menjepit capit tersebut hingga pecah. Juru masak sudah memecah capit agar Anda tinggal membuka, dan nyam…, daging kepiting yang gemuk-gemuk bisa langsung Anda nikmati. Jika Anda tidak menyukai kepiting, pilih saja hidangan laut lain. Misalnya, cumi dan udang yang dimasak asam manis atau mentega. Juga ada ikan dorang goreng atau bakar asap. Untuk sayurnya ada cah kangkung.

Untuk memenuhi stok bahan baku, dia sudah punya pemasok khusus yang mendatangkan kepiting tangkapan dari Jawa Timur dan Kalimantan.
Ada satu lagi keistimewaan dari Kepiting Cak Gundul. Air masaknya diambil langsung dari Gunung Salak. Tapi, itu hanya untuk kedai di Jakarta dan Surabaya. Sedangkan untuk di Pandaan, Machsun mengambil langsung dari mata air di Pandaan.
Agar tamu mengetahui hal tersebut, Macshun menuliskannya di setiap kedainya. “Mereka akan jadi tahu airnya dari mana,” ujar Machsun.

Kepiting Cak Gundul 1992
Pandaan: Jalan Raya Surabaya- Malang km. 48, Pandaan, Pasuruan. Telp: (0343) 639989
Surabaya: Jalan Raya KupangIndah, Surabaya. Telp: (031) 7327554


Tips Sehat Konsumsi Kepiting
• Sebaiknya Anda tidak mengolah kepiting dengan cara digoreng
• Meski mengandung berbagai nutrisi yang menyehatkan, kepiting juga mengandung kolesterol yang cukup tinggi yaitu 76 mg/100gr. Konsumsi kolesterol per hari yang dianjurkan maksimal sekitar 300 mg. Sajian kepiting berukuran sedang setiap hari sudah cukup untuk mendapatkan semua manfaatnya.
• Kepiting mengandung basa purin yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Pengidap penyakit asam urat atau gout lebih baik menghindari atau sangat membatasi konsumsi kepiting.
Sumber : www.surabayaview.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails