Jumat, 15 Oktober 2010

Rujak Soto dan Nasi Kalak, Masakan Khas Banyuwangi

Rujak Soto


Seporsi Soto Rujak Banyuwangi


Kali pertama mencium aroma semangkuk Rujak Soto yang dominan menyengat hidung adalah aroma petisnya yang begitu lekat. Kemudian saat mencicipinya di ujung lidah, terasa ada perpaduan kuah soto dan rujak sebagaimana namanya. Namun tetap saja yang menang terasa adalah unsur bumbu rujaknya.
Penasaran ingin mengetahui lebih dalam lagi, saya pun menguak isi mangkuk guna mengetahui apa saja komposisi Rujak Soto.

Dan satu per satu dapat dicatat, antara lain; tampilan pertama terlihat bulatan-bulatan kerupuk ikan. Kemudian ketika disisikan ke pinggir, tampak ada pecahan kecil-kecil (remukan, red) kerupuk melinjo yang renyah dan gurih. Lebih dalam lagi ada kecamba atau taoge dan kulupan kangkung yang biasanya dijumpai dalam rujak ulek lengkap dengan irisan tahu maupun tempenya. Selain itu masih ada lagi beberapa potong irisan lontong dan kuah kuning ala soto daging komplet dengan guntingan atau irisan kecil babat sapi. Itulah sajian lengkap menu Rujak Soto khas Banyuwangi yang terkenal itu.



Sensasi Nasi Kalak
Nasi Kalak khas Banyuwangi

Selain Rujak Soto, masih ada lagi menu istimewa khas Banyuwangi yang bisa dicoba di Dapot Dahlia ini, yaitu Nasi Kalak. Apalagi ini…? Mungkin bagi pecinta Nasi Rames pasti tidak lagi kaget dengan santapan khas Banyuwangi ini, karena yang disajikan di atas piring hampir tak ada bedanya dengan komposisi Nasi Rames.

Nasi Kalak terdiri atas seporsi nasi putih dengan tambahan mie kuning, tumis wortel campur buncis, tumis tahu, daging cincang halus dan serundeng yang hampir sama dengan yang terdapat pada Nasi Krawu khas Gresik namun terasa lebih kering, tahu bali kecap, dadar jagung, dan irisan ketimun sebagai lalapan.
Biasanya dua menu khas Banyuwangi ini di daerah asalnya sana disantap dengan minuman pendamping berupa Temu Lawak dingin. Namun untuk di Depot Dahlia rasanya harus menyesuaikan selera, karena masih tersedia menu, jajanan maupun minuman lainnya. Jadi bila Anda masih penasaran, sekali waktu dapat meluangkan kesempatan untuk lunch dengan menu khas Banyuwangi berupa Rujak Soto dan Nasi Kalak di atas. Tak mahal kok, untuk seporsi Rujak Soto hanya Rp. 10.000, sedangkan Nasi Kalak cukup Rp. 8.000 saja. Mari kita perkaya wawasan kuliner nusantara dengan bersantap menu-menu khas Indonesia.
(arohman) 

1 komentar:

  1. thanks infox menarik gan smg sukses,,,..

    http://www.saesalera.com/product/view/43/obat-mata

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails