Jumat, 15 Oktober 2010

Lontong Balap Pak Gendut

warung_pakgendut_inijiedotcom 

Banyak versi asal usul & sejarah nama Lontong Balap. Ada yang menyebutkan karena dulu yang jualan Lontong Balap kemana-mana jualannya pake gentong besar yang dipikul. Karena berat, jadi jalannya musti cepet2 kayak org balapan.
Bualan lain menyatakan kalo yg jualan Lontong Balap ini tinggalnya di pinggiran kota, jadi kalo mo jualan mesti naikin dagangannya ke atas gerbong kereta api. Dan melesatlah si tukang lontong ke kota dengan kecepatan tinggi.

Pak Gendut
pak_gendut_inijiedotcom 

Penjual Lontong Balap yang paling kondang seantero Surabaya adalah “Lontong Balap Garuda Pak Gendut”. Gak main-main, langganan Pak Gendut ini termasuk para artis Republik Cinta spt Ahmad Dhani & Andra. Lapaknya Pak Gendut bisa dilacak di Jalan Kranggan, deketnya ex Bioskop Garuda. Gampangnya sih, masuk aja dari jalan disamping BG Junction.
Tapi jangan salah pilih, di sana ada banyak warung2 lain yg ngaku2 Lontong Balap Garuda juga. Pilihlah Pak Gendut, paling rame karena visi dan misi Lontong Balapnya jelas lebih mantap.

lontong_balap_inijiedotcom
 
Seporsi Lontong Balap berisi lontong, tahu goreng dan lentho dengan irisan bite size. Lentho itu kurang lebih semacam perkedel, tapi diracik dari singkong & kacang tolo. Kemudian masih ditambahkan kecambah (toge) dalam porsi yang generous, lalu diguyur dengan kuah gurih beraksen garlic yang kenceng. Abis itu masih ditaburi bawang goreng yang bikin Lontong Balap Pak Gendut ini makin oke Yang doyan pedes bisa minta sambal petis yg banyak sama Pak Gendut.

Jodohnya Lontong Balap ini pastinya Sate Kerang sama Es Degan (kelapa muda).
Overall juara banget. Harga juga pas. Ok deh, met balapan dengan lontong Pak Gendut.. Brmmmm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails