Jumat, 15 Oktober 2010

Rawon SETAN yang Bukanya Malam Saja

http://3.bp.blogspot.com/_ZvfxNwCO0S0/Sgwzje3X2iI/AAAAAAAACfA/Zlh1QmvlJ7w/s320/DSC01579.JPG



Bagi yang suka mencari tempat kuliner malam, di Surabaya ada tempat unik yang menjual rawon dengan nama Rawon Setan. Setahu saya, nama ini karena dulu pada awal mula-nya hanya buka setelah tengah malam. 
Tapi sekarang, mulai jam 9 malam ke atas pun sudah buka, karena animo pengunjung mulai banyak di awal malam. Lokasi tempat ini adalah di Embong Malang, depan hotel JW Marriott Surabaya.

SBY00009

Lokasi cukup mudah ditemukan, selain persis di pinggir jalan dengan billboard yg cukup mencolok, biasanya banyak mobil yang diparkir disitu. Kami mencoba memesan rawon setan dengan porsi yang cukup mengenyangkan, kecuali kalau anda lapar sekali. Rasa gurih mendominasi rawon tersebut, ditambah dagingnya juga cukup empuk untuk disantap. Lebih enak tentunya dengan tempe goreng dan kerupuk, kemudian disudahi dengan teh panas.
Harga cukup terjangkau, walaupun sekarang justru jadi tempat makan orang2 yang bermobil. Di dinding, banyak foto2 yang terpampang menunjukkan beberapa orang terkenal (artis, politisi dll) pernah mengunjungi ini.


Rawon SETAN Mbak Endang

3

Rawon setan yang sudah turun menurun dan dimodifikasi menjadi rahasia sang pemilik Depot Rawon setan. Depot Rawon yang dalam sejarahnya berdiri di Jl. Embong malang surabaya ini pertama kali didirikan oleh Musiyah. Lalu kenapa sekarang ada Rawon setan Mbak Endang ? Itu dikarenakan Mbak Endang adalah cucu dari Musiyah itu sendiri. Nama Rawon setan diberikan karena Depot tersebut buka pada jam 10 malam.

Padahal menurut cerita dari warga sekitar, nama awal Rawon setan adalah Rawon Hostes karena kebanyakan yang beli adalah para Pengunjung kafe dan pelayan Diskotik yang banyak bertebaran didaerah tersebut.
Lalu jika terdapat lagi Depot Rawon setan Bu Mulyadi (Bu sup atau Bu Mul) karena beliau adalah mantu dari Musiyah. Keduanya kini memiliki Depot Rawon setan sendiri di kawasan Surabaya.
Bagi para penikmat Rawon, maka Rawon setan layak dan patut mendapat referensi Kuliner yang mak nyus. Irisan daging yang pas di campur dengan Aroma khas Rawon menjadikan sajian Rawon setan layak ditunggu kehadirannya. Harga yang ditawarkan pun tidak membuat kantong kita kempes. Paket hemat yang terdiri dari Nasi Rawon, Telor asin, Krupuk udang dan teh botol sosro ditawarkan dengan harga Rp 20rb. Sungguk suatu harga yang layak untuk masakan yang namanya melegenda di Surabaya tersebut.

2 komentar:

  1. penasaran wa sm rawon ini....
    jadi ngiLeeerrr liat gambarnya... :P

    BalasHapus
  2. ayooo berburu kuliner di surabaya....
    surabaya surganya kuliner di jawa timur...

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails