Rabu, 13 Oktober 2010

Honda Jazz Paling Aman dan Irit




Mobil-mobil Honda di Amerika Serikat meraih penghargaan tingkat keamanan dan efisiensi bahan bakar terbaik . Penghargaan untuk tingkat keamanan terbaik diberikan kepada Honda Jazz,  Honda Civic,  Honda CR-V dan Honda Oddysey dari Insurance Institute for Highway Safety (IIHS).


Dari beberapa varian Honda,  Jazz ( Honda Fit di Amerika Serikat ) meraih penghargaan  Top Safety Pick 2009 dari Insurance Institute for Highway Safety  (IIHS), sebagai mobil dengan tingkat keamanan paling tinggi di kelasnya. Model ini menjadi mobil di kelas mini pertama dan satu-satunya yang berhasil meraih sertifikasi dari IIHS.

Pada penghargaan Top Safety Pick tahun ini, Honda berhasil menjadi salah satu merek yang meraih penghargaan terbanyak untuk produk-produknya. Selain untuk Honda Jazz, produk Honda lainnya, yaitu Honda Civic, Honda CR-V, dan Honda Odyssey juga menjadi model paling aman di kelasnya masing-masing.  Untuk meraih sertifikasi Top Safety Pick dari IIHS, setiap kendaraan yang dipasarkan di Amerika Serikat harus melalui uji tabrak dengan standar yang sangat ketat.

Tes uji tabrak yang dilakukan meliputi tabrak depan, offset, samping, belakang, atap, hingga evaluasi bumper. Selain itu, semua mobil yang masuk nominasi harus dilengkapi dengan teknologi electronic stability control (ESC) yang menjadikan pemilihan pada tahun ini lebih ketat dibanding tahun sebelumnya.
Penghargaan atas tingkat keamanan Honda Jazz bukan yang pertama kali diperoleh model ini pada tahun 2009. Sebelumnya, Honda Jazz diakui sebagai salah satu mobil dengan tingkat keamanan paling tinggi di Eropa berdasarkan hasil test uji tabrakan dari Euro NCAP (New Car Assessment Program). Dalam uji coba tersebut All New Jazz menjadi yang terbaik di kelas supermini car dengan meraih rating maksimal, yaitu 5 bintang.




Honda Jazz dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan tingkat tinggi yang menjadi standar untuk model ini di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Sistem keselamatan dalam All New Honda Jazz antara lain teknologi G-CON (G-Force Control) dan ACE (Advanced Compatibility Engineering) pada rangka kendaraan, SRS Airbag, sistem pengereman ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake-Force Distribution), dan BA (Braking Assist), hingga pedestrian protection body structure yang meminimalkan cedera jika terjadi tabrakan dengan pejalan kaki.

Penghargaan-penghargaan tersebut mencerminkan komitmen Honda di bidang keselamatan kendaraan. Setiap model yang dikembangkan Honda telah melalui uji tabrak di fasilitas Real World Crash Test milik Honda R&D di Tochigi, Jepang. Dalam test ketat tersebut, setiap mobil melalui uji tabrak menggunakan beberapa model kendaraan yang berbeda ukuran dan berat serta dari berbagai sisi tabrakan untuk mengembangkan solusi yang dapat meringankan cedera pada penumpang dan juga pejalan kaki.

Selain penghargaan untuk tingkat keamanannya, Honda dinilai sebagai merk mobil dengan konsumsi BBM paling efisien oleh EPA (Evironmental Protection Agency). Organisasi nirlaba ini mengumumkan Honda memiliki armada kendaraan paling hemat bahan bakar di Amerika Serikat untuk tahun 2009, dengan rata-rata efisiensi seluruh modelnya adalah 23,6 mpg (mil per galon).

Peringkat Merk Mobil Paling Hemat menurut EPA:
No    Merk    Konsumsi BBM
1.    Honda    23.6 mpg
2.    Hyundai    23.4 mpg
3.    Toyota    23.3 mpg
4    Volkswagen    22.3 mpg
5.    Nissan    21.6 mpg
6.    BMW    21.6 mpg
7.     Ford Motor.Co    20.5 mpg
8.    Generals Motor    19.9 mpg
9.    Chrsyler    18.7 mpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails