Rabu, 13 Oktober 2010

Sebuah Gaya Minimalis dalam Arsitektur


Ciri Rumah Minimalis
Banyak pengembang properti berupaya memenuhi permintaan konsumen yang mendambakan desain yang lugas, polos, sederhana, tidak rumit, kompak, efesien-efektif di setiap ruangnya. Keindahan rumah dan taman minimalis dilihat dari kejujuran bentuk, fungsi dan penjiwaan ruang2 yang diciptakan. Pemakaian bahan-bahan sederhana dan material alam yang dominan menjadi ciri khas rumah minimalis.

Taman berperan penting dalam mengindahkan dan menyelarasi bangunan dengan lingkungan alam sekitar. Taman yang diciptakan untuk menemani konsep rumah minimalis sebaiknya juga ditata secara minimalis. Jika tidak, semisal dipadukan dengan taman mediteranian atau tropis, maka akan mengaburkan konsep rumah minimalis.

Gaya arsitektur minimalis sendiri berawal dari protes terhadap masyarakat yang tidak menghargai sumber daya alam, mengeksploitasi habis-habisan untuk hal-hal yang tidak perlu. Gaya minimalisme ini merujuk pada gerakan “back to basic” atau kembali kepada kesederhanaan yang apa adanya. Gaya ini melahirkan sebuah bangunan yang tanpa hiasan berlebihan, jujur dan apa adanya.


Contoh Rumah Minimalis

http://4.bp.blogspot.com/_GdQcrRV2jnY/SwNlz-vzzPI/AAAAAAAAABI/itTFpyRygvo/s1600/dijual-rumah-minimalis.jpg

http://arcivmetri.files.wordpress.com/2008/08/rumah-bululawang.gif

asrama-mahasiswa-nunukan-kaltim

Sumber: wartawan.gunadarma.ac.id
 

1 komentar:

  1. mau nanya , kira kira badgetnya brpa yach kalo mau buat rumah sperti contoh gambar ke 2

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails