Selasa, 22 Maret 2011

Ngopi Santai di Café Rollaas


Untuk semua pencinta kopi di Surabaya, telah hadir satu lagi tempat yang menawarkan beragam kreasi kopi: Café Rollaas yang berlokasi di gedung City of Tomorrow, tepatnya di Lower Ground City of Tomorrow.



Nama Café Rollaas memang diambil dari bahasa Jawa – rolas – yang artinya duabelas. Angka duabelas ini sendiri juga mengacu pada pemeran di balik layar dari Café Rollaas ini, yaitu PTPN 12 –  PT. Perkebunan Nusantara 12. Badan Usaha Milik Negara ini memang pemilik yang sebenarnya dari Café Rollaas. PTPN 12 memiliki usaha perkebunan kopi, teh, strawberry dan coklat yang tersebar di seluruh penjuru Jawa Timur. Salah satu produk andalan PTPN 12 adalah kopi legendaris yang konon terkenal termahal di dunia, yaitu kopi Luwak. Di Café Rollaas otomatis hampir 90% produk-produk yang ditawarkan didatangkan langsung dari perkebunan milik PTPN 12. Semua bahan-bahan tersebut dijamin fresh dan terkontrol. Biji kopinya malah benar-benar di rosting dan digiling di lokasi. Pengunjung Café Rollaas dapat melihat proses penggorengan dan penggilingan biji-biji kopi tersebut.




Sekilas pandangan saja kedalam buku menunya sudah terlihat perbedaan Café Rollaas dengan Café-Café sejenis lainnya. Beragam jenis kreasi minuman berbahan dasar kopi, teh, coklat dan strawberry cukup bisa membuat pengunjung kebingungan. Namun jangan pernah ragu untuk bertanya kepada para staf Café Rollaas, mereka akan dengan sabar menerangkan jenis-jenis minuman. Bila diminta mereka juga akan memberikan rekomendasi yang pasti tidak akan disesali pada akhirnya. Andalan utama? Tentu saja kopi Luwak-nya! Tapi bersiaplah untuk merogoh kantong dalam-dalam untuk menikmati secangkir kopi luwak. Proses pembuatannya saja sudah berbeda. Menggunakan alat khusus dan proses pengolahan yang spesial, menghasilkan rasa kopi yang benar-benar istimewa. Harus diakui, Rp 100.000,- untuk secangkir kopi Luwak memang layak untuk dibayarkan.




Namun untuk para pengunjung yang masih belum rela mengeluarkan uang sebanyak itu untuk secangkir kopi – meskipun kopi itu benar-benar istimewa - Café Rollaas masih menyediakan banyak pilihan. Sebut saja Café Astoria misalnya. Perpaduan kopi dengan campuran ice cream vanilla dan parutan kelapa kering menghasilkan rasa yang cukup unik dan bisa membuat kenyang. Kemudian Raspberry and Nut Cappuccino juga suatu kreasi yang sangat inovatif. Umumnya Cappuccino terdiri dari kopi espresso dan susu. Kalau Raspberry and Nut Cappuccino masih ditambah lagi dengan sirup raspberry yang memberikan kesan segar dan kacang cincang. Masih ada lagi Café Neapolitan yang terdiri dari campuran kopi, susu, whipped cream dan sirup Curaçao. Aslinya, Curaçao merupakan likor yang berasal dari buah sitrus. Namun disini yang digunakan hanya sirupnya saja, jadi tidak mengandung alkohol.




Bagi yang kurang menyukai kopi, tidak usah khawatir. Café Rollaas juga mempunyai kreasi-kreasi minuman dari teh dan coklat yang tidak kalah menarik. Misalnya Ice Crushed Spiced Lime Cider, teh dengan aroma rempah-rempah yang kuat dicampur dengan segarnya sari buah apel asli. Terasa lebih segar lagi karena ditambah dengan pecahan es batu. Sangat nikmat dinikmati di hari yang panas. Satu lagi pilihan minuman teh, yaitu Tea Lime Margarita. Biasanya Margarita dikenal sebagai salah satu jenis cocktail alias minuman yang mengandung alkohol. Memang ada sedikit kemiripan dengan Margarita yang asli, tapi tenang saja, rasa pahit segar khas Margarita itu datangnya asli dari teh dan jeruk lemon bukan dari Tequila. Untuk minuman dari coklat ada Ice Chocolate Malt dengan rasa coklat yg kaya dan nikmat.yang terdiri dari campuram beberapa coklat.




Selain minuman, Café Rollaas juga menyediakan nyamikan-nyamikan ringan, seperti Puff Meet n Beef dan Puff Pastry Chicken atau Macadamia Nut, yang juga merupakan hasil perkebunan PTPN 12.




Meskipun digawangi oleh sebuah institusi resmi, namun tidaklah demikian dengan tampilan Café Rollaas. Suasana resmi yang cenderung konservatif sama sekali tidak nampak di setiap sudut Café Rollaas. Yang ada malah Café Rollaas menawarkan suasana yang sangat hangat, cozy dan nyaman. Apalagi ditambah dengan fasilitas free WiFi dan ruang meeting, semakin membuat Café Rollaas layak jadi alternatif tempat nongkrong, bersantai, meeting bersama klien ataupun rekan kerja.




 
Sumber: surabayafood.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails