Selasa, 22 Maret 2011

Kuliner Khas Banjar di Depot Bamara



Salah satu jenis kuliner Nusantara yang mendapat tempat tersendiri bagi warga Surabaya adalah hidangan kuliner khas pulau Kalimantan. Lebih tepatnya hidangan khas Banjar. Dengan banyaknya pendatang dari daerah Banjar, Kalimantan Selatan yang menetap di Surabaya tentu saja ikut mendukung sehingga kuliner khas Banjar ikut memperkaya keanegaragaman kuliner Surabaya.

Salah satu tempat makan yang menyajikan hidangan khas Banjar adalah Depot Bamara yang berlokasi di Jalan Purwodadi Raya 82-84, di daerah Jalan Demak. Nama Bamara sendiri diambil dari istilah dalam bahasa Banjar yang berarti „Maju Perlahan-lahan“. Depot Bamara juga cukup dikenal oleh warga Surabaya dan juga Sufoters. Hal ini memang bukan sesuatu yang aneh, karena selain menyediakan hidangan khas Banjar yang lezat, Depot Bamara juga mempunyai sejarah yang cukup panjang dan sudah eksis sejak empat generasi.


Hidangan yang paling terkenal di Depot Bamara adalah Ikan Gurame Bakar. Potongan ikan gurame yang diberi bumbu, dibakar dengan menggunakan arang pilihan sehingga menghasilkan ikan bakar dengan bumbu yang gurih merasuk sampai ke seluruh bagian ikan. Ditambah dengan sambal pencit atau mangga muda dan urap sayuran semakin menambah nafsu makan.



Selain ikan gurame, masih ada Pepes Patin dan Ikan Haruan Bumbu Bali khas Banjar. Pepes Ikan Patin dengan bumbu merah yang sedap ditambah dengan wangi daun pisang benar-benar menggugah selera. Sementara Ikan Haruan Bumbu Bali terasa mantap karena bumbunya yang lengkap. Mungkin Sufoters bertanya-tanya apakan ikan Haruan itu? Ikan Haruan adalah istilah khas Banjar untuk Ikan Gabus atau yang umum disebut Iwak Kuthuk dalam bahasa Jawa. Ikan Haruan atau Ikan gabus dipercaya sangat membantu penyembuhan luka, terutama luka pasca operasi. Ikan Haruan banyak digunakan dalam kuliner khas Banjar seperti digoreng, diasap atau sebagai campuran Sayur Asam khas Banjar .



Satu lagi menu khas dari Depot Bamara yang tidak dapat ditemui di tempat lain yaitu Ketupat Kandangan. Hidangan ini biasanya disantap sebagai menu sarapan pagi. Potongan ketupat khas Banjar yang masih terasa tekstur nasinya disiram dengan kuah santan yang kental dan gurih dengan cita rasa smokey yang nikmat yang didapat dari potongan ikan Haruan asap. Rasanya hampir mirip seperti mangut Ikan Pe dengan ketupat. Istimewanya lagi Ketupat Kandangan hanya dapat dinikmati pada hari minggu pagi.



Menu khas sarapan pagi favorit khas Banjar selain Ketupat Kandangan adalah Nasi Kuning khas Banjar. Keistimewaan dari Nasi Kuning Banjar adalah penggunaan santan yang lebih banyak sehingga nasi terasa lebih gurih. Nasi Kuning biasanya dinikmati dengan lauk sambal goreng kering, Ikan Haruan atau Pepes Patin.

Bagi Sufoters yang ingin mencicipi kenikmatan kuliner khas Banjar, Depot Bamara tentu sebuah alamat yang tepat untuk dituju.

Sumber: www.surabayafood.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails