Selasa, 22 Maret 2011

Pesaing NASA, Amatiran Rekam Nebula Menakjubkan

Headline

Astronot amatir merekam gambar menakjubkan nebula psikedelik di galaksi Bima Sakti. Mirip karya NASA, tidak disangka gambar itu diambil dari taman di belakang rumah.

Astronom amatir Gordon Rogers menghabiskan puluhan ribu poundsterling untuk membangun perangkat observatorium di belakang rumahnya di Long Crendon, Buckinghamshire, Inggris. Dengan sangat ambisius, ia membangun konstruksi bangunan tiga lantai agar anaknya yang berusia lima tahun, Chris, dapat turut berpartisipasi.

“Gairah saya dengan dunia fotografi astronomi menjadi sesuatu yang menghabiskan segalanya. Ini campuran sebuah kerja nyata dan cinta. Saya sudah menghabiskan puluhan ribu poundsterling dan waktu sebagai investasi,” ujar Rogers kepada Daily Mail.

Ia pertama kali jatuh cinta dengan dunia astronomi saat mengamati pemandangan bulan yang menakjubkan dari teleskop refraktor Zeiss tiga inci yang ia beli tanpa sengaja.

“Pada 1994, saya melihat sesuatu yang berbeda dari bulan. Itu sangat menakjubkan sehingga saya mengajak istri dan tetangga untuk melihat bersama. Saya bahkan bertekad untuk berbicara dengan astronom.”
Foto nebula milik Rogers menunjukkan awan debu, gas dan plasma yang membentuk bintang. Ini condong ke nilai estetika daripada penelitian ilmiah.

“Penampakan tersebut sangat bagus untuk menunjukkan beberapa planet di malam dingin yang berangin,” kata Rogers yang juga menerbitkan buku astronomi berjudul My Heavens! 

Sumber: inilah.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails