Jumat, 11 Maret 2011

Keindahan Pantai di Wonogiri

1. Pantai Nampu



Memang tak salah jika Indonesia banyak memiliki pemandangan alam yang eksotis. Banyak sekali tempat-tempat eksotis yang tersebar di seluruh Nusantara, salah satu pemandangan alam yang indah itu adalah Pantai Nampu. Pantai Nampu ini berada di kabupaten Wonogiri. Tepatnya di Desa Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito.

Pantai ini berjarak kurang lebih 70 KM selatan kota Wonogiri. Pantai Nampu adalah pantai pasir putih dengan ombak yang cukup besar. Jika air laut sedang surut, pantai ini menjadi pantai pasir putih yang berkarang. Jadi pasir putih hanya berada di bagian tepi pantai dan dasar dari pantai itu yang berupa karang.

Pantai Nampu adalah pantai di daerah pesisir selatan jawa, yakni di kawasan samudera Indonesia. Pantai Nampu belum banyak di kenal masyarakat dari luar daerah. Hal ini menjadikan pantai Nampu menjadi pantai yang bisa dikatakan masih alami dan perawan dibanding pantai laut selatan lainnya.

Sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi mobil atau sepeda motor karena medan perjalanan yang naik turun dan berkelok-kelok, dan tidak ada sarana angkutan umum yang mencapai obyek wisata ini. Mungkin karena letaknya yang belum banyak diketahui oleh para wisatawan.
 

2. Pantai Sembukan


 
Obyek wisata Pantai Sembukan masuk wilayah Desa Paranggupito, kecamatan Paranggupito berjarak 60 km dari Ibu Kota Kabupaten Wonogiri kearah selatan  atau memerlukan waktu perjalanan  kira-kira 2 jam dengan kendaraan bermotor dan kondisi jalan mulus. Tiket masuk objek wisata Pantai Senbukan sangat murah, dengan merogoh kocek Rp.1000,00 kita sudah  bisa menikmati seluruh fasilitas di wilayah Pantai sembukan. Obyek 
 
Wisata ritual Sembukan merupakan salah satu obyek wisata ritual di Kabupaten Wonogiri yang mempunyai beberapa sarana ibadah antara lain masjid, paseban dan sanggar .Konon obyek wisata ritual  pantai Sembukan  ini merupakan pintu gerbang ke-13 kerajaan Ratu Kidul. Gerbang ini di gunakan untuk lewat Kanjeng Ratu Kidul saat menghadiri pertemuan dengan Raja-raja Kasunanan Surakarta (Paku Buwono). 
 
Banyak para pejabat dan wisatawan yang datang ke obyek wisata ini untuk melakukan meditasi, menyatu dengan Sang Pencipta memohon agar semua cita-citanya dapat terkabul, dan ternyata banyak yang berhasil. Event yang dilaksanakan di Obyek Wisata Ritual Pantai Sembukan menampilkan atraksi Labuhan Ageng dengan melabuh Kepala Kerbau / Lembu yang dilaksanakan oleh  masyarakat desa Paranggupito, Pemkab Kabupaten Wonogiri maupun Keraton Surakarta. 
 
Upacara Ritual Labuhan Ageng ini dimaksudkan untuk memohon keselamatan dan ketentraman bangsa dan negara. Dalam acara ini juga dipentaskan tarian sakral yaitu Tari Bedoyo Parang Kencono. Event ini sangat menarik dan selalu mendatangkan wisatawan yang cukup banyak.

Sumber: tour-ofjava.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails