Jumat, 11 Maret 2011

Keindahan Pantai - Pantai di Jawa Timur (4)

13. Pulau Sempu, Sendang Biru 




Perjalanan  dari Kota Malang dibutuhkan waktu sekitar kurang lebih 2  jam hingga 2,5 jam untuk mencapai kawasan Pantai Sendangbiru, Kabupaten Malang.

Selepas Kota Malang kemudian melewati Kepanjen, melewati daerah ini jalan tidak terlalu lebar, dan mulai banyak daerah perladangan, serta sesekali melewati pedesaan yang tidak terlalu besar dan jalan yang dilewati pun berkelok-kelok.

Kemudian mendekati Sendangbiru jalanan agak menyempit dan kemudian jalan aspal habis tepat di Pantai Sendangbiru. Jika membawa kendaraan sendiri bisa memarkirnya di pantai itu dan langsung membuka tenda di kawasan pantai yang penuh dengan perahu-perahu cadik kecil, perahu penumpang bermotor, dan kapal-kapal penangkap ikan. Dari Pantai sendang biru kita bisa menyewa kapal seharga 50rb (pulang-pergi) untuk menyeberangkan ke Pulau Sempu dengan kapasitas maksimal 15 Orang. Untuk menyeberang ke pulau sempu yang harus dilakukan pertama adalah memohon izin di pos yang ada di SendangBiru untuk memhon ijin menginap di Pulau Sempu.

Keindahan lain yang bisa ditemui di Pulau Sempu adalah bagaimana bisa berenang di air yang amat jernih (di segara anakan) dan bagi mempunyai hoby snorkling dapat dengan leluasa menikmati pemandangan bawah laut karena tempat ini pernah jadi pembudayaan terumbu karang tanpa harus takut terseret gelombang.

Di Sempu terdapat telaga yang disebut dengan Segara Anakan. Tempat ini lebih mirip telaga kecil yang dikelilingi batu karang tinggi yang membatasinya dengan laut lepas, laut selatan atau Laut Indonesia yang bergelombang besar.


14. Segoro Anakan, Pulau Sempu


Lokasi Segoro Anakan tepat berada di area Pulau Sempu, dan perjanan bisa di tempuh dari Sendang Biru dengan menyeberang ke Pulau Sempu menggunakan perahu yang ada di pinggir pantai Sendang Biru yang banyak disewakan oleh warga sekitar.
 
Sampai di Pulau sempu untuk mencapai lokasi masih dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk menempuh ke lokasi. Karena jalan untuk sampai ke lokasi harus di tempuh dengan jalan kaki serta jalannya sempit serta naik turun dan melewati hutan yang masih alami karena dalam Pulau sempu juga merupakan cagar alam. Tetapi setelah anda sampai ke lokasi Segoro Anakan rasa lelah yang dirasakan akan hilang. 
 
Karena disuguhkan panorama yang mempesona yang ada di Segoro Anakan. Pantainya yang masih indah serta airnya yang masih jernih yang di kelilingi oleh tebing-tebing yang indah. Suplai air ke telaga ini berasal dari karang yang berlubang besar di tengahnya, yang secara periodik menyajikan pemandangan indah percik-percik air deburan ombak yang menghantam karang. Sebagian air itu mengalir masuk ke Segara Anakan.
 
Selain berenang di kolam raksasa ini, pengunjung juga bisa bersantai dengan bermain voli pantai. Bagiyang menyukai suasana alam yang asli, jauh dari kebisingan kehidupan modern, Pulau Sempu memberikan solusi, hanya memang jangan mengharapkan ada hotel berbintang, selain tempat tidur yang dibawa sendiri. Disamping itu juga bisa memanjat karang yang mengitari Segara Anakan, dari atas karang kita bisa melihat deburan ombak laut lepas yang mengikis terbing2 raksasa, sangat indah memang.


15. Pantai Balekambang


 
 
Lokasi wisata kali ini adalah ke Laut Selatan tepatnya ke lokasi Pantai Balekambang yang ada di Kecamatan Bantur, 65 km arah ke selatang dari kota Malang. 

Untuk menuju ke Pantai Balekambang dapat melalui rute Gondanglegi dan Bantur, walau sebenarnya kalo diliat dari Peta, perjalanan ini dapat pula dicapai melalui Kepanjen terus ke Pagak belok ke kiri ke arah Bantur, tapi kalau melewati rute tersebut mungkin akan lebih jauh dan ribet makanya lebih baik ambil track melalui GondangLegi dan Bantur, walau jalan yang dilalui ke lokasi beraneka ragam bentuknya, mulai dari turunan hingga tanjakan curam yang hanya bisa pake gigi satu dimobil  wah tapi asyik banget kok, apalagi begitu kita melihat loket pintu masuk ke pantai  rasanya lega udah sampai ke lokasi. 
 
Oya sedikit informasi jalan rute setelah kecamatan GondangLegi cukup hanya bisa dilalui 2 mobil,  serta kanan kiri jalan berupa turunan tebing cukup curam dengan dihiasi hutan jati. Pantai Balekambang memang cukup menawan, tapi sayangnya hal ini tidak didukung pula dengan fasilitas yang memadai. Walaupun begitu, pantai ini cukup bersih dengan pasir putih yang menawan, tempat parkir yang luas.

Terdapat pula failitas camping ground, kios cinderamata, rumah makan, kantor informasi, bungalow sangat sedeharna,mushola, dan pendopo. Sayangnya semua ini tidak dirawat dengan baik. Sayang ya, padahal untuk akses masuk perOrang Rp. 5,200,- tapi tetap aja tidak terawat.
 
Pantai BaleKambang dipenuhi dengan karang laut, yang membentang sepanjang kurang lebih 2000 meter dengan lebar 200 meter ke arah laut. Menurut penduduk setempat, jika air laut surut biasanya diantara karang-karang atau bebatuan tersebut banyak ditemui ikan hias bergerombol dan hewan laut lainnya. Dipantai ini terdapat tiga buah pulau berjajar ke arah barat, yakni Pulau Ismoyo, pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Di Pulau Ismoyo berdiri megah sebuah Pura, akses ke Pura dihubungkan oleh sebuah jembatan setapak dengan lebar 1,5 meter. Sepintas, mirip pantai dengan Pantai Kuta - Bali.

Pada bulan Suro, Pantai Balekambang cukup ramai di datangi wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Sebab di lokasi di adakan acara yang khusus di Pantai Balekambang ini yaitu Upacara Surohan (Suro'an) dan Upacara Jalanidhi Puja.
 
Sumber: tour-ofjava.blogspot.com
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails