Jumat, 11 Maret 2011

Keindahan Pantai - Pantai di Jawa Timur (1)

1. Pantai Plengkung

 
Pantai Pelengkung merupakan surga para peselancar tingkat dunia, karena ombaknya yang spektakulaer dan sangat baik untuk berselancar. Lokasi wisata ini berada dikawasan hutan lindung, sehingga bisa menikmati keindahan dengan segala keunikan yang masih alami. Saat yang baik untuk berselancar biasanya dilakukan bulan Mei sampai dengan bulan Oktober.
 
 
 
G-Land, The Seven Giant Waves Wonder” Julukan tersebut diberikan oleh peselancar asing utk gulungan ombak di Pantai Plengkung yang berlokasi di Taman Nasional Alas Purwo (TNAP), Banyuwangi, Jawa Timur. G punya tiga konotasi yg berbeda: Green, krn lokasinya di tepi hutan, Grajagan, nama point terdekat sebelum ada jalan melintas di hutan atau Great krn salah ombak yg terbaik di dunia. 
Apapun artinya, itulah julukan buat sebuah nama lokal bernama Plengkung. Ombak di Plengkung merupakan salah satu yg terbaik di dunia. Ombak setinggi 4-6 meter sepanjang 2 km dlm formasi 7 gelombang bersusun “go to left” cocok ditunggangi oleh peselancar kidal. Selain Plengkung utk peselancar prof, ada juga Pantai Batu Lawang utk belajar. Ombak disini disebut “twenty-twenty” yg artinya twenty minute utk mendayung ketengah dan twenty minute menikmati titian ombak.
 
http://3.bp.blogspot.com/_zJrMdR4REWA/TQe0thGtcaI/AAAAAAAAABs/GYjv8_FnoJg/s1600/plengkung.jpg
 
TNAP selain surganya peselancar juga tempat yg bisa memuaskan kegemaran berpetualang menembus hutan, mengamati satwa di Sadengan dan berkunjung ke gua2 mistis. Entah kenapa TNAP juga tempat yg paling banyak dikunjungi utk tujuan meditasi dgn berbagai latar belakang etnis dan religius dari seluruh Indonesia. Beberapa orang bahkan telah bertahan 3 tahun bermeditasi dihutan/ gua dgn hanya makan makanan seadanya atau daun2an yg didptkan disekitarnya. Gua2 tempat bermeditasi adalah Gua Istana, Gua Putri dan Gua Padepokan, selain Gua Macan yg konon punya nilai mistis tinggi. Gua ini dicapai dari Pos Pancur sejauh 2 km berjalan kaki. 
 

2. Pantai Grajagan


http://foeadhasan.files.wordpress.com/2010/04/plengkung.jpg
 
Pantai Wisata Grajagan terletak kurang lebih 52 km ke arah selatan dari Kota Banyuwangi. Posisi pantainya yang strategis membuatnya menjadi pintu gerbang menuju ke Plengkung. Disekitar Pantai Grajagan banyak terdapat goa buatan yang terletak pada ketinggian sehingga kita dapat mengawasi seluruh kawasan. 
Pantai Grajagan bersebrangan dengan kawasan pantai Cungur. Karena perairanya bebas dari pengaruh ombak laut selatan, selain menikmati panorama sambil mandi matahari, di balik pantai Cungur terdapat Segoro Anak untuk kegiatan ski air, berperahu dan kano.

3. Pantai Camplong

http://cinderella.blogdetik.com/files/2009/06/agrconkfileswordpress.jpg
 
 
Pantai Wisata Camplong yang letaknya sekitar 8 kilometer ke arah timur dari Kota Sampang Pulau Madura, terletak di Desa Dharma Camplong, merupakan pantai landai dengan pasirnya yang putih. Di dekat pantai dilengkapi taman yang ditumbuhi pohon cemara sehingga menambah keteduhan di kawasan wisata ini. Bila cuaca cerah , pada sore hari dapat menikmati indahnya panorama saat matahari tengggelam. Inilah keindahan yang dimiliki Pantai Wisata Camplong.
 
Ketika memasuki kawasan Pantai Wisata Camplong, suasana segar terasa di sela-sela pohon cemara.Saat ini, fasilitas yang benar-benar siap adalah Hotel Wiasata Camplong dengan 22 kamar. Hotel ini juga dilengkapi restoran, room service, meeting room, karaoke, dan mandi pantai.
 

4. Pantai Watu Ulo

Pantai Watu Ulo terletak di desa Sumber Rejo Kecamatan Ambulu, kurang lebih 32 km di selatan Kota Jember. Menurut cerita jaman dahulu, ada seekor ular (jawa: ulo) yang bertapa di pantai ini sampai berubah wujud menjadi batu dengan kepala menjulur ke laut dan badan penuh sisik berada di daratan. Karena itulah pantai wisata yang berpanorama indah ini disebut pantai Watu Ulo.
 
http://2.bp.blogspot.com/-s6FIaSHGoHk/TVl2qnu9b-I/AAAAAAAAABg/tqShyaKMR4w/s1600/watu_ulo.jpg
 
Di perbukitan dekat perbukitan Watu Ulo terdapat gua berkedalaman kurang lebih 100 m yang di huni oleh ratusan ribu kelelawar yang disebut gua lawa (goa kelelawar). Pintu masuk goa lawa menghadap ke laut, sehingga pengunjung yang akan masuk ke sana harus melewati pantai berpasir. 
 
Karena tempatnya yang sunyi,gua ini sering dijadikan tempat meditasi bagi orang-orang tertentu. Akses menuju Pantai Watu Ulo sudah lancar berupa jalan aspal berupa aspal selebar 3 m dan dapat dcapai dengan kendaraan umum. Selain itu fasilitas parkirnya juga cukup untuk menampung banyak kendaraan pribadi.

Sumber: wisatabagus.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails