Jumat, 11 Maret 2011

Keindahan Pantai - Pantai di Jawa Timur (2)

5. Pantai Teleng Ria


Pantai Teleng Ria terletak di desa Sidoarjo kurang lebih 4 km ke selatan dari kota Pacitan dengan waktu tempuh 10 menit naik kendaraan tradisional andhong. Pantai Teleng Ria tidak memiliki ombak yang begitu besar sehingga cocok untuk berenang dan jalan-jalan di sepanjang pantai sambil melihat beberapa jenis binatang laut yang menepi dan membuat tempat-tempat perlindungan mereka.
 
 
Di pantai ini ada pula zona terlarang karena ombaknya besar namun tak kalah indahnya tatkala matahari terbenam. Di pagi hari dan sore hari banyak dijumpai para nelayan menangkap ikan. Berbagi macam fasilitas yang tersedia antara lain penginapan, pemandian anak-anak , MCK, panggung pertunjukan, arena perkemahan, toko cindera mata dan gardu-gardu pandang untuk menikmati panorama pantai Teleng Ria yang di kelilingi oleh pegunungan kapur selatan dan keindahan panorama teluk Pacitan.



6. Pantai Prigi

Pantai Prigi adalah wisata pantai terkenal yang berada di daerah Trenggalek. Kabupaten yang mempunyai makna terang inggalih (terang di hati) berada di Jawa Timur bagian selatan, sekitar 186 km dari Surabaya. Posisi daerahnya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia sehingga Trenggalek memiliki banyak kawasan pantai yang berpotensi untuk wisata bahari. 
 
Pantai Prigi adalah pantai yang populer, terletak di Desa Tasik Madu, Kecamatan Watulimo, sekitar 48 km arah selatan kota Trenggalek. Di pantai ini juga terdapat pelabuhan nusantara, pelabuhan penangkapan ikan terbesar di pantai selatan Pulau Jawa. Ikan tangkapan dari sini terkenal mutu dan rasanya yang bagus.
 
 
Selain itu, kawasan Pantai Prigi juga dilengkapi berbagai fasilitas wisata berupa tempat parkir yang luas, bumi perkemahan yang teduh, hotel dengan auditorium, rumah makan, serta lapangan tenis.Pada Bulan Selo (penanggalan jawa), nelayan Pantai Prigi menggelar upacara tradisional “Larung Sombonyo”.

Upacara ini merupakan rasa syukur kepada Tuhan sekaligus sebagai peringatan pernikahan Raden Tumenggung Yudha Negara, seorang kepala prajurit Kerajaan Mataram yang berhasil membuka wilayah Prigi dengan jaminan bersedia menikahi Putri Gambar Inten.
 
Sekitar 3 km arah timur dari Pantai Prigi terdapat Pantai Karanggongso, pantai yang terkenal denagn pasir putihnya sepanjang 1,5 km. Air di pantai ini selalu jernih dan tenang sehingga cocok sebagai tempat mandi dan berjemur para pengunjung. Di dekat pantai terdapat Pondok Prigi, cottage, hotel, dan persewaan motor boat.Biasanya terlihat beberapa siswa sekolah dasar berpakaian olahraga sedang bermain di pantai.Pejalanan selanjutnya menuju Pantai Damas, jaraknya sekitar 5 km arah barat daya dari Pantai Prigi. Pantai yang terletak di Desa Karanggandu ini masih alami.

Selain tiga pantai tersebut, masih ada Pantai Pelang yang terletak di Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul. Pantai ini posisinya paling barat, sekitar 56 km barat daya Kota Trenggalek. Pantai Pelang merupakan salah satu pantai yang masih alami dan terkenal dengan ombaknya yang besar. Tidak jauh dari pantai pelang (sekitar 300 m) terdapat air terjun dengan ketinggian 25 m. Air terjun ini dapat di pakai untuk mandi dan di yakini oleh penduduk setempat dapat membuat awet muda.


7. Pantai Klayar


Pantai Klayar berada di wilayah kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan, yang jaraknya kurang lebih 35 Km ke arah barat kota Pacitan. Tempat wisata Pantai yang berpasir putih ini memiliki suatu keistimewaan yaitu adanya seruling laut yang sesekali bersiul di antara celah batu karang dan semburan ombak.
 
Di samping itu juga terdapat Air Mancur Alami yang sangat Indah. Air mancur ini terjadi karena tekanan ombak airu laut yang menerpa tebing karang berongga. Air muncrat yang dapat mencapai ketinggian 10 meter menghasilkan gerimis dan embun air laut yang diyakini oleh sebagian orang berkhasiat sebagai obat awet muda.Menuju pacitan bisa melalui Jogja ataupun Solo tapi saya merekomendasikan ke Jogja karena jarak tempuh yang lebih cepat. Anda bisa naik Travel dari Jogja.
 
 



8. Pantai Pulau Sempu

Pulau Sempu, adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau wisata ini berada dalam wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Saat ini Sempu merupakan kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. Dalam pulau ini nyaris tidak ditemukan mata air payau.
 

Secara geografis, Pulau Sempu terletak diantara 112° 40′ 45″ - 112° 42′ 45″ bujur timur dan 8° 27′ 24″ - 8° 24′ 54″ lintang selatan. Pulau itu memiliki luas sekitar 877 hektar, berbatasan dengan Selat Sempu (Sendang Biru) dan dikepung Samudera Hindia di sisi selatan, Timur dan Barat.Pulau Sempu dapat ditempuh dari Malang melalui Pantai Sendang Biru, dan penyeberangan menggunakan perahu nelayan, serta telah mendapatkan perijinan.
 
http://privatebrian.files.wordpress.com/2007/07/dsc00171.jpg
 
Keindahan lain yang bisa ditemui di Pulau Sempu adalah bagaimana bisa berenang di air yang amat jernih (di segara anakan) dan bagi mempunyai hoby snorkling dapat dengan leluasa menikmati pemandangan bawah laut karena tempat ini pernah jadi pembudayaan terumbu karang tanpa harus takut terseret gelombang. Di Sempu terdapat telaga yang disebut dengan Segara Anakan. Tempat ini lebih mirip telaga kecil yang dikelilingi batu karang tinggi yang membatasinya dengan laut lepas, laut selatan atau Laut Indonesia yang bergelombang besar. 
 
Suplai air ke telaga ini berasal dari karang yang berlubang besar di tengahnya, yang secara periodik menyajikan pemandangan indah percik-percik air deburan ombak yang menghantam karang. Sebagian air itu mengalir masuk ke Segara Anakan.

Selain berenang di kolam raksasa ini, pengunjung juga bisa bersantai dengan bermain voli pantai. Bagi yang menyukai suasana alam yang asli, jauh dari kebisingan kehidupan modern, Pulau Sempu memberikan solusi, hanya memang jangan mengharapkan ada hotel berbintang, selain tempat tidur yang dibawa sendiri.
Disamping itu juga bisa memanjat karang yang mengitari Segara Anakan, dari atas karang kita bisa melihat deburan ombak laut lepas yang mengikis terbing-tebing raksasa, sangat indah memang.
 

Sumber: wisatabagus.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails