Minggu, 01 Mei 2011

Mie Klunthung Suroboyo


miekluntung 

Jauh-jauh hari aku dan teman-teman sudah berencana mengisi libur natal kemarin untuk jalan-jalan ke Malang. Kami sudah membayangkan bakal wisata kuliner hingga ke Batu dan Wlingi. Tapi sayangnya secara mendadak karena satu hal acara tersebut terpaksa batal. Kecewa? pasti. Makanya kami pun berpikir mau pergi kemana sebagai gantinya. Akhirnya untuk mengobati sakit hati, kami pun memilih nyanyi-nyanyi bareng saja. Tak peduli suara fals tetap pede abis berlomba nyanyi. Akibat terlalu semangat nyanyi jadi lupa makan. 

Kami pun meluncur ke salah satu foodcourt di Giant Diponegoro dan langsung menuju ke resto Piring Surabaya yang menjual aneka ragam makanan khas Surabaya seperti tahu campur, nasi bebek, soto madura dan lain-lain. Begitu daftar menu diberikan, mataku langsung tertuju pada satu jenis makanan yaitu mi kluntung. Mi kluntung memang termasuk salah satu makanan favoritku kalau aku jajan di Surabaya. Biasanya di hampir semua foodcourt yang ada di Surabaya selalu ada yang menjual mi kluntung ini. Entah sejak kapan nama mi kluntung ini mulai populer. 

Aku juga baru mengetahui namanya semenjak aku tinggal di Surabaya. Sebenarnya secara penampilan mi kluntung ini hampir mirip mi goreng jawa tapi agak berbeda rasa. Begitu mi kluntung pesenanku mulai disajikan aku pun menikmatinya dengan pelan-pelan. Mi yang dipergunakan untuk mi kluntung ini berukuran agak besar dan tebal. Digoreng dengan bumbu bawang merah, bawang putih, cabe merah dan udang yang dihaluskan sehingga membuat citarasanya berbeda dengan mi goreng pada umumnya yang biasanya menggunakan kaldu ayam. Mi kluntung ini menggunakan sayur kubis, sawi dan taoge sama seperti mi goreng jawa. Dalam penyajiannya mi kluntung ini ditaburi irisan telur rebus, suwiran ayam dan bawang goreng sehingga menarik untuk dilihat. Yang boleh tak terlupa mesti disajikan dengan acar mentimun. Rasa mi kluntung asin, gurih dan suedap banget. Mungkin karena menggunakan udang sebagai salah satu bumbunya jadi rasanya jadi mirip mi goreng seafood. Pokoke uenak deh dan layak dicoba.

Beberapa tempat alternatif yang juga menjual mi kluntung maknyus di Surabaya antara lain di jalan Walikota Mustajab (dpn warung Mi Kocok Bandung), mi kluntung pak Mitro di jalan Tanah Merah dan sudah buka cabang di beberapa foodcourt seperti di Sinar Jemur Handayani/Sukomanunggal, mi kluntung pak Atmo yang dijual di resto piring Surabaya di Royal Plaza / Cito / Giant Diponegoro dan masih banyak lagi. Silakan berburu mi kluntung deh.

harryw.blog.perbanas.ac.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails