Minggu, 01 Mei 2011

Pecel Mbah Darmo Kediri

105_43906 

Ngomongin kediri aku jadi ingat agenda rutinku kalau lagi mudik ke kediri, yaitu selalu menyempatkan diri untuk menikmati beraneka ragam kuliner khas kediri. Salah satu yang tidak pernah terlewatkan adalah Pecel Tumpang Kediri. Di Kediri ada banyak penjual pecel tumpang yang enak, salah satunya adalah warung sego pecel Mbah Darmo, aku biasa menyebutnya Pecel PGA, karena letaknya di depan sekolah PGA/MAN kediri.  Warung sego pecel mbah Darmo sudah berdiri sejak dulu kala. Dulu mbah Darmo sendiri yang melayani para pembelinya tetapi seiring bertambah usia, anak cucunya yang meneruskan. Warung sego pecel mbah Darmo ini sudah buka sejak pagi hingga siang hari.

105_43899 

Sebenarnya warung sego pecel Mbah Darmo tak begitu luas. Hanya sebuah warung kecil dengan beberapa meja dan kursi. Seiring bertambahnya jumlah pembeli, mereka pergunakan halaman dan teras untuk tempat makan para pembeli. Jadi tampak lebih lapang. Walaupun begitu kita mesti siap-siap berebut kursi kalau warung sedang ramai.

105_43946 

Menu makanan yang dijual di warung sego pecel mbah Darmo sebenarnya sama dengan warung nasi pecel yang lain. Dalam seporsi nasi pecel mbah Darmo biasanya berisi nasi, sayuran, sambal pecel dan rempeyek.  Nasinya pulen dan tidak keras. Mereka menyediakan sayuran kacang panjang, taoge, daun kenikir dan sebagainya. Tak lupa lalap daun kemangi, lamtoro dan rajangan mentimun. 

Yang paling istimewa dari sego pecel mbah Darmo ini memang sambal pecelnya. Sambal pecel bikinin warung ini sangat pedas, tak terlalu manis atau asin. Jadi suedep banget. Makanya buat yang taksuka sambal pedas kurang sesuai makan sego pecel mbah Darmo. Tapi buat penggemar makanan pedas, wajib mencobanya. Karena enak banget. Terus terang dibandingkan sambal tumpangnya lebih enak sambal pecelnya.

Selain itu kelebihan dari sego pecel di tempat ini menggunakan rempeyek yang enak. Rempeyeknya bisa pilih kacang atau teri. Meski agak keras tapi nikmat banget.  Bila kita membawa pulang nasi pecel ini, penjualnya membungkus nasi pecel ini dalam daun pisang. Model bungkusnya beda antara untuk nasi pecel dan nasi tumpang. Unik saja menurutku.

105_43918 

Bila kita mau, selain rempeyek kita bisa menambah lauk tahu goreng panas…pasti mantab. Trasi dele dan mendolnya juga sangat lezat. tak hanya itu saja kita bisa pilih aneka sate, jajanan dan minuman. pokok e puas dach, apalagi harganya tidak terlalu mahal. jadi kurang apalagi harga murah rasa mantab….wow jadi kangen pengin pulang ke kediri (mas rachmira)

 harryw.blog.perbanas.ac.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails