Rabu, 12 Januari 2011

Kasus Gayus Dibongkar, Istana Guncang

 
Karikatur 100111 - Mafia Pajak

Pernyataan Gayus Tambunan bahwa Polri, Satgas PMH, dan bahkan Presiden SBY mengetahui siapa mafia kelas kakap yang terlibat di balik kasusnya cukup mengguncang publik. Banyak yang pesimis kasus Gayus bisa dituntaskan karena menduga ada kepentingan penguasa dan elit politik yang menghadangnya.

Keraguan penuntasan kasus Gayus pun semakin menguat saat Ketua Komisi III DPR Benny K Harman menceritakan ulang ketidaksanggupan mantan Kapolri Bambang Hendarso Danuri menuntaskan kasus Gayus. Menurutnya, bila kasus ini dituntaskan akan mengguncang republik.

Pernyataan BHD, begitu nama mantan Kapolri itu biasa disingkat, dinilai sebagai cermin ketidakberdayaan Polri mengungkap jaringan mafia pajak kasus Gayus. Bukan karena tak mampu, namun karena dihadang oleh pihak Istana demi alasan tertentu. Sebab bila kasus Gayus dibongkar, Istana akan mengalami guncangan yang hebat.

“Kasus Gayus ini sudah sangat rumit dan melibatkan uang yang sangat banyak dan orang-orang berpangkat tinggi. Saya pesimis kasus ini bisa selesai karena sepertinya ada kepentingan Istana yang menghadang agar kasus ini tidak terungkap,” ujar anggota Komisi III DPR Desmond J Mahesa saat dihubungi matanews.com di Jakarta, Selasa 11 Januari 2011.

Menurutnya, kasus Gayus semakin hari semakin rumit karena bercabang dan mengakar begitu kuat. Desmond ragu kasus ini bisa tuntas karena ada terlalu banyak kasus, uang, dan orang berpangkat yang terlibat di dalamnya.
Ia menilik kasus Gayus yang sejak awal kemunculannya menghebohkan publik dan media massa ini. Awalnya mantan pegawai Ditjen Pajak itu digunjingkan karena membantu ratusan perusahaan nakal untuk mengemplang pajak.

Dalam kesaksiannya di persidangan pun Gayus sudah menyebutkan perusahaan mana saja yang terlibat. Namun, hingga kini kepolisian tidak kunjung memproses kesaksian Gayus tersebut dengan alasan tidak ditemukan bukti yang kuat.

Politisi Gerindra itu mencurigai ketakutan BHD mengungkap kasus yang diklaimnya akan mengguncang republik ini. Menurutnya, pasti ada alasan kuat di balik ketidakberanian BHD mengungkapnya.

“Kapolri yang lalu saja tidak berani mengungkap, berarti kan ini ujungnya mengarah ke Istana. Kalau kasus ini nggak ada hubungannya dengan Istana, saya yakin dia pasti berani tuntaskan kasus Gayus ini,” simpul Desmond.

Sumber: matanews.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails