Jumat, 09 September 2011

Tanaman-Tanaman yang Berkhasiat sebagai Obat (10)

21. Beluntas
http://4.bp.blogspot.com/-gIIdczZxw5Y/TcZnMR-o_DI/AAAAAAAABNI/SVgIoP52M1g/s1600/Beluntas.jpg

Nama Tanaman Beluntas (Pluchea indica (L.) Less.)
Nama Lokal Beluntas (Indonesia), Luntas (Jawa), Baluntas (Madura); Baluntas, Baruntas (Sunda), Lamutasa (Makasar); Beluntas (Sumatra), Lenaboui (Timor); Luan Yi (China).

Deskripsi Semak atau setengah semak. tumbuh tegak tinggi sampai 2 m, kadang-kadang lebih. Percabangan banyak, berusuk halus dan berbulu lembut. Tumbuh liar di tanah tandus dan jelek, atau ditanam sebagai pagar. Terdapat sampai 1.000 m diatas permukaan laut. Daun bertangkai pendek, letak berseling, bentuk bundar telur sungsang, ujung bundar melancip, bergerigi warna hijau terang. Bunga keluar di ujung cabang dan di ketiak daun berbentuk bunga bonggol bergagang atau duduk, warna ungu. Buah longkah agak berbentuk gasing, warna coklat dengan sudut putih, lokos.

Untuk Penyakit Bau badan, Nafsu makan, menurunkan panas, scabies, TBC.

Pemanfaatan
BAGIAN YANG DIPAKAI: Seluruh tanaman, segar/dikeringkan.
KEGUNAAN :
1. Menghilangkan bau badan.
2. Gangguan pencernaan pada anak-anak dan menambah nafsu
makan.
3. Menurunkan panas, peluruh keringat.
4. Scabies.
5. TBC kelenjar leher (Cervical tuberculous lymphadenitis)
6. Nyeri pada rheumatik, sakit pinggang (Lumbago)

PEMAKAIAN: 10 – 15 gr, direbus.
CARA PEMAKAIAN:
1. Gangguan pencemaan pada anak-anak:
daun dicampurkan pada bubur saring/nasi tim.
2. TBC kelenjar leher:
- extra batang dan daun beluntas, extra gelatin dari kulit sapi,
Laminaria japonica (rumput laut). Bahan-bahan ini ditim sampai
lunak, Ialu dimakan.
- Laminaria japonica (rumput laut)
3. Nyeri rheumatik: 15 gr akar beluntas, direbus, minum.
4. Menghilangkan bau badan: sebagai lalap.
5. Peluruh keringat, menurunkan panas:
Daun direbus, atau diseduh sebagai teh, minum.


22. Waluh
http://www.bisi.co.id/images/waluh_f1_hammer.jpg

Waluh (Jawa) adalah salah satu tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia yang penanamannya tidak sulit, baik pembibitannya, perawatanya, hasilnyapun cukup memberikan nilai ekonomis untuk Masyarakat.
Tanaman ini cukup luar biasa karena bisa menyesuaikan sendiri dengan keadaan alam yang berubah-ubah, saat hujan ataupun di musim panas/kemarau tanaman ini tetap bisa hidup dengan baik. Dataran hawa tinggi/dingin maupun dataran rendah berhawa panas cocok ditanami tanaman waluh/labu ini. Tanah yang cenderung asam dengan ph 5 – 6,5 justru di sukainya. Intinya daerah Tropis dan Subtropis tetap bisa ditanami.

Waluh mempunyai potensi bisnis yang menjanjikan. Hasil olahan dari waluh sangat banyak, seperti pengental saus tomat dan kelengkapan sayuran, produk awetan, cake, dan sebagainya. Melalui buku ini Anda mendapatkan cara budi daya waluh, kandungan gizi, pembuatan kuaci dan manisan waluh.

Tanaman jenis semak merambat ini bias mencapai panjang 25 m dengan buah bulat, berdaging tebal, diameter 25-35cm, gundul, biasanya berwarna kuning muda.

Di samping dimanfaatkan sebagai bahan sayuran, buah waluh ternyata mempunyai khasiat dan kegunaan yang sangat banyak diantaranya.

Beberapa keluhan sakit yang dapat diatasi dengan waluh antara lain cacingan, tekanan darah tinggi, arterostklerosis /penyempitan pembuluh darah, jantung, koroner, diabetes mellitus/kencing manis, menurunkan panas, memperlancar BAB, dan mencegah berkembangnya sel penyakit kanker.

Waluh juga dapat dimanfaatkanmengatasi kurang nafsu makan, menurunkan berat badan, dan untuk perawatan kecantikan.

Biji waluh bukanlah limbah atau merupakan sampah yang harus dibuang begitu saja. Biji waluh merupakan bahan makanan yang lumayan enak. Sebagian masyarakat kita banyak yang mempunyai kegemaran mengkonsumsi kuaci biji waluh. Biji waluh Cucurbita Pepo sangat ampuh mencegah dan mengatasi pembengkakan kelenjar prostat. Selain dimakan sebagai kuaci, biji waluh juga dapat diolah menjadi semacam selai dengan cara diblender yang hasilnya bias dioleskan dalam sepotong roti. Kandungan hormone beta sitosterol dalam biji waluh sangat manjur dalam menekan pembentukan prostaglandin. Kelebihan prostaglandin ini akan menyebabkan kelenjar prostate membengkak, akibat meningkatnya kadar dehidritestoteron ketika usia pria terus bertambah, efeknya uretra tercekik sehingga ketika berurine terasa sakit dan terhambat. Biji waluh mengandung alamina, glisina dan asam glutamate yang diperlukan kelenjar prostate. Asam amino langka semacam karboksifenilalanina, pirazoalanina, dan asam aminobutirat juga terdapat dalam biji waluh.

Adapun unsur Vitamin dan yang terkandung di dalam tanaman ini adalah:
- Dalam 100 gr labu kuning ada 34 kalori.
- Lemak 0,8
- 45 mg Kalsium.
- Mineral 0,8
- Serat
- Vitamin C
- Vitamin A


Sumebr: http://kyaimbeling.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails