Selasa, 13 September 2011

Nasi Kebuli Koja

 
Kebuli Tulen Rasa Timur Tengah

SATU lagi kuliner khas Semarang yang mengusung nuansa Timur Tengah. Masakan tersebut dapat dijumpai di warung Nasi Kebuli Khoja (India) yang berlokasi di Jalan Lampersari No 52, Semarang.

Selain warna nasi Kebuli Khoja berwarna kuning khas, menu kuliner ini juga memiliki ciri khusus yang membedakan dengan nasi kebuli lainnya, yaitu gule hijau.

“Meski mengusung masakan Timur Tengah, rasa yang kami tawarkan sudah disesuaikan dengan lidah orang Semarang,” kata Poppy Mirza, si empunya warung Nasi Kebuli Khoja.

Sedangkan untuk lauknya terdiri atas telur bebek yang khusus dimasak dengan berbagai rempah-rempah, acar nanas dengan lombok hijau dan merah, serta sambal goreng ati sapi

Resep yang digunakan Poppy dalam menghasilkan masakan Kebuli Khoja ini berasal dari orang tuanya. “Dulu mertua saya (H Abdullah atau Bang Dullah) membuka rumah makan Larashati, maka resep yang kami gunakan untuk Kebuli Khoja ini berasal dari Larashati,” terang wanita yang bernama lengkap Poppy Mariyani ini.

Sedangkan untuk bumbu, Poppy juga menciptakan sesuatu yang khas. “Untuk gulai kambing misalnya, bumbu kami datangkan dari orang India yang bermukim di Surabaya,” katanya.

Selain itu, Poppy juga menghindari penggunaan minyak samin seperti yang digunakan umumnya untuk memasak nasi Kebuli. Harga yang ditawarkan untuk sepiring nasi Kebuli hanya Rp 12.500.

Menikmati masakan nasi kebuli Khoja, juga semakin nikmat dengan suguhan teh Khoja. Teh ini sesungguhnya berasal dari  Indonesia, namun dicampur dengan vanili nomor satu. “Setelah itu didiamkan seminggu. Dan diseduh dengan gula batu, serta daun pandan yang membuat teh ini semakin sedap,” jelas istri Achmad Mirza ini.


Sumber: http://kulinerkhassemarang.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails