Selasa, 13 September 2011

Ayam Goreng Laos di RM Kebal Kebul Semarang



 
Banyak sekali model ayam goreng kremes dijual di pasaran, namun ada satu ayam dengan bumbu kremes lain dari yang lainnya. Penasaran, kunjungi saja rumah makan Kebal Kebul Jl. Jatiraya A6, Banyumanik, Semarang yang buka mulai pukul 10.00 san tutup 22.00.
 
Tempat makan yang diset seartistik mungkin dan dengan penataan meja kursi yang oke. Sehingga pengunjung dapat leluasa menyantap makanan yang dihidangkan. Pemiliknya adalah pasangan suami istri Herman dan Sri Kundari yang asli Semarang.

Dibuka sejak 1 September 2008 lalu, rumah makan ini menyuguhkan berbagai macam makanan Jawa dengan menu spesial ayam goreng laos (lengkuas) kebal kebul. Ayam goreng laos ini menggunakan daging ayam pejantan yang digoreng kering atau basah terserah pembeli, kemudian ditaburi parutan laos dan bumbu lainnya.

Rasanya, jangan ditanya lagi, daging ayam goreng yang sebelumnya sudah direndam dalam larutan bumbu membuat daging ayam ini terasa empuk dan sangat lezat ketika berada di dalam mulut. Ini masih ditambah dengan taburan parutan laos dan campuran bumbu lainnya di atas daging ayam goreng.

“Menu spesial di sini adalah ayam goreng laos kebal kebul. Ayam goreng ini ditaburi dengan parutan laos dan bumbu lain di atasnya. Laosnya diparut lalu dikeringkan baru digoreng, setelah matang ditaburkan di atas ayam goreng,” jelas Ny Herman.

Dinikmati dengan nasi hangat bakal membuat kita ketagihan untuk mencicipinya lagi. Kemudian di dalam paket ayam goreng laos ini kita akan menjumpai dua macam sambal. Yakni sambal hijau dan sambal merah. Keduanya sama-sama nikmat disantap bersama nasi hangat dan ayam goreng. Karena yang satu merupakan sambal tomat dan lombok merah dan satunya lagi menggunakan lombok hijau.

“Kami menyediakan dua macam sambal yakni sambal ijo dan sambal merah, selain itu masih ada lalapan irisan kol, selada, timun dan tomat,” imbuh ibu dua putri Mutya dan Dea.


Ayam Goreng Laos

Selain ayam goreng laos kebal-kebul, menu lainnya yang tak kalah oke adalah nasi timbel. Yakni nasi yang dibungkus daun pisang kemudian dibakar hingga membekaskan aroma khas. Nasi timbel sendiri merupakan masakan khas Sunda dan menjadi menu andalan di Kebal Kebul.

Nasi timbel memiliki penggemar tersendiri yang tidak kalah dengan penggemar ayam goreng laos. Dalam nasi timbel ini akan ditemukan tahu, tempe, ikan asin, sayur asem, dan sambal.

Satu lagi menu yang tidak kalah asik untuk dicoba adalah sup ikan gurami yang disajikan dalam keadaan panas di atas kompor kecil yang menyala. Kuahnya aduhai karena campuran bumbunya yang sedap. Belum lagi dengan dengan daging ikan gurami yang disajikan di dalamnya, dagingnya yang tebal dan gurih sangat cocok disantap saat makan malam bersama keluarga. 

Sumber: http://kulinerkhassemarang.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails